Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kabinet Jokowi

Jokowi Tidak Larang Menterinya Rangkap Jabatan Jadi Ketua Umum Parpol

Jokowi tidak melarang jajaran menterinya merangkap jabatan sebagai ketua umum atau pengurus struktur di partai politik.

Jokowi Tidak Larang Menterinya Rangkap Jabatan Jadi Ketua Umum Parpol
Tribunnews.com/Irwan Rismawa
Presiden Joko Widodo didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenalkan Kabinet Indonesia Maju di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Jokowi tidak melarang jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju merangkap jabatan sebagai ketua umum atau pengurus struktur di partai politik.

Hal ini disampaikan langsung Jokowi di hadapan para menteri usai sesi foto bersama di halaman Istana Merdeka, Rabu (23/10/2019).

Jokowi menegaskan yang paling penting ialah, mereka para menteri yang merangkap jabatan sebagai ketum Parpol harus bisa membagi waktu.

Para menteri Kabinet Indonesia Maju diperkenalkan kepada media di depan kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, menjelang pelantikan Rabu pagi (23/10/2019). (ISTIMEWA)
Para menteri Kabinet Indonesia Maju diperkenalkan kepada media di depan kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, menjelang pelantikan Rabu pagi (23/10/2019). (ISTIMEWA) (ISTIMEWA)

"Dari pengalaman lima tahun kemarin, baik ketua maupun yang bukan ketua partai, saya lihat yang paling penting adalah bisa bagi waktu dan ternyata juga tidak ada masalah," ungkap Jokowi.

Atas dasar itu, Jokowi memutuskan tidak melarang ketua umum maupun pengurus struktur partai politik untuk menjabat menteri.

"Dari pengalaman itulah, kami memutuskan bahwa baik ketum parpol maupun di struktur partai bisa ikut (menjadi menteri)," tegas mantan wali kota Solo itu.

Diketahui, dalam Kabinet Indonesia Maju ada tiga menteri yang merangkap jabatan sebagai ketua umum maupun pejabat struktur partai.

Mereka yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato yang juga Ketua Umum Golkar, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga Ketua Umum Gerindra, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa yang juga Plt Ketua Umum PPP.

Baca: Susi Pudjiastuti ke Edhy Prabowo: Selamat! Saya Yakin Laut & Perikanan Indonesia Semakin Berdaulat

Baca: Komposisi Kabinet Indonesia Maju: Janji vs Realita

Baca: Karier Komjen Pol Idham Azis, Mulai Wakadensus hingga Ditunjuk Jadi Kapolri

Ada pula Menteri Komunikasi dan Informatika Jhonny G. Plate yang juga menjabat Sekretaris Jenderal NasDem, Menteri Sosial Juliari Batubara yang juga menjabat Wakil Bendahara Umum PDIP.

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah yang juga meduduki posisi Wakil Ketua Umum PKB, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar yang menjabat Ketua DPW PKB Jawa Timur, hingga Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali yang juga Ketua DPP Golkar.

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Berita Terkait :#Kabinet Jokowi

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas