Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Prabowo Subianto Pakai Mobil Pribadi untuk Dinas, Wasekjen Gerindra: Penghematan Anggaran Negara

Foto mobil dinas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang dipasangi plat nomer dinas viral di media sosial.

Penulis: Nanda Lusiana Saputri
Editor: Fathul Amanah
zoom-in Prabowo Subianto Pakai Mobil Pribadi untuk Dinas, Wasekjen Gerindra: Penghematan Anggaran Negara
Twitter @Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat kunjungan ke Mabes TNI, Rabu (30/10/2019) diterima Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Tampak di belakangnya, mobil yang ditumpangi Prabowo. 

TRIBUNNEWS.COM - Foto mobil dinas Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang dipasangi plat nomer dinas viral di media sosial.

Prabowo disebut menggunakan mobil pribadinya sebagai kendaraan dinas menteri, meski ia mendapat mobil dinas menteri Toyota Crown  2.5 HV G-Executive.

Menanggapi hal tersebut, Wasekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra Andre Rosiade membenarkan bahwa Prabowo Subianto masih menggunakan mobil pribadinya untuk bertugas.

Kicau pemilik akun Twitter @CintaNKRI08, yang menuliskan soal mobil pribadi Prabowo berpelat merah.
Kicau pemilik akun Twitter @CintaNKRI08, yang menuliskan soal mobil pribadi Prabowo berpelat merah. (Tangkapan layar twitter @CintaNKRI08)

"Terus terang saya belum mendapat informasi detail terkait hal tersebut, tetapi memang benar sampai saat ini beliau masih menggunakan mobil pribadi Alphard putihnya dan tidak menggunakan mobil dinasnya," ujar Andre Rosiade dalam tayangan YouTube tvOneNews, Selasa (29/10/2019).

Saat ditanya soal mobil dinas meneteri, Andre menyebut saat ini mobil dinas sudah dikirimkan dan sudah ada, hanya saja belum digunakan oleh Prabowo.

Baca: Sepekan Jadi Menteri Pertahanan, Prabowo Menolak Gaji Menteri dan Belum Pakai Mobil Dinas

"Setahu saya mobil dinasnya sudah dikirim, sudah ada, tetapi memang Pak Prabowo sampai saat ini memilih menggunakan mobil pribadinya," ujar Andre.

Andre menjelaskan alasan Prabowo masih menggunakan mobil pribadinya mungkin untuk penghematan terhadap fasilitas negara.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu, Andre juga mengatakan mungkin Prabowo sudah terbiasa menggunakan mobil pribadinya yang lebih luas, hal ini terkait dengan tim yang melekat dengan Prabowo cukup banyak.

"Saya rasa itu tidak perlu dipermasalahkan, mungkin Pak Prabowo memilih menggunakan mobil pribadi, pertama karena  beliau ingin mobil dinas tidak usah dipakai sehingga ada penghematan. Kedua, soal kenyamanan mungkin beliau sudah terbiasa menggunakan mobil pribadinya, sebab tim yang melekat dengan beliau cukup banyak. Dengan mobil yang lebih besar, tentu lebih banyak dan lebih luas orang yang bisa masuk ke dalam mobilnya," tutur Andre. 

Baca: Prabowo Subianto Diizinkan Bahkan Diundang ke Amerika Serikat setelah Jadi Menhan

Baca: Gerindra: Prabowo Diundang Berkunjung ke AS

Selain menggunakan mobil pribadi, Prabowo disebut-sebut tidak mengambil gajinya sebagai menteri. 

Menanggapi hal tersebut, Andre mengatakan bahwa hal itu bagus karena Prabowo tidak membebankan anggaran negara.

"Tetapi kalau hal itu benar kan berarti bagus, artinya Pak Prabowo tidak membebankan anggaran negara dengan cara tidak memakai mobil dinas dan tidak mengambil gajinya," kata Andre.


Dikutip dari YouTube tvOneNews, Selasa (29/10/2019) para menteri dan wakil menteri (wamen) mendapat sejumlah fasilitas berupa gaji pokok dan tunjangan dengan total Rp Rp 18.648.000 per bulan. 

Selain gaji pokok dan tunjangan sesuai Kepres No. 68 tahun 2001, menteri juga mendapat tunjangan operasional yang besarannya sekira Rp 120 juta-Rp 150 juta per bulan.

Rumah dinas di kawasan Widya Candra, Jakarta Selatan dan mobil dinas Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. (*)

(Tribunnews.com/Nanda Lusiana Saputri)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas