Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ada 3 Nilai Ambang Batas Tes yang Harus Dipenuhi Calon Pendaftar Agar Lolos Seleksi CPNS

Passing grade CPNS 2019 ditetapkan melalui Permenpan, inilah nilai ambang batas tiga tes CPNS yang harus dipenuhi agar lolos seleksi.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Fathul Amanah
zoom-in Ada 3 Nilai Ambang Batas Tes yang Harus Dipenuhi Calon Pendaftar Agar Lolos Seleksi CPNS
Kolase TribunJabar.id (Istimewa dan Kompas.com)
Ilustrasi CPNS 2019. 

TRIBUNNEWS.COM - Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil Resmi dibuka kemarin pada Senin (11/11/2019), para peserta berlomba-lomba untuk melakukan pembuatan akun di portal resmi BKN.

Dikutip dari tayangan Kompas TV, pembukaan pendaftaran memang dilakukan mulai kemarin malam pukul 23.11 WIB, yang kemudian dilanjutkan dengan verifikasi berkas pada tanggal 13 November 2019.

Penutupan pendaftaran dilakukan pada tanggal 24 November 2019, sementara penutupan verifikasi pada tanggal 12 Desember 2019.

Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada tanggal 16 Desember 2019, disertai dengan masa sanggah pada tanggal 16 hingga 19 November 2019.

Kemudian seleksi masih dilanjutkan pada tahap SKD dan SKB, pengumuman pelaksanaan SKD dilakukan pada Januari hingga Februari 2020.

Sementara hasil SKD akan diumumkan pada bulan Maret 2020, kemudian bagi peserta yang lolos seleksi SKD melanjutkan pada tahap SKB.

Meski demikian, BKN menjelaskan jadwal-jadwal tersebut masih bisa diubah, tergantung kondisi pelaksanaan seleksi CPNS ini.

BERITA TERKAIT

Sementara beberapa pemerintahan telah mengumumkan formasi-formasi yang dibutuhkan, seperti Kementerian Perhubungan membuka formasi yaitu sebanyak 1244 Formasi dan Kementerian PUPR membuka 1048 formasi.

Sementara formasi yang paling banyak sementara ini adalah Kementerian Hukum dan HAM yaitu sebanyak 3532 Formasi yang dibuka.

Kementerian LHK membuka sekitar 705 Formasi sedangkan Kementerian Perindustrian menyediakan sekitar 359 Formasi bagi para pendaftar.

BKN telah memprediksi bahwa akan lebih banyak lagi pendaftar CPNS, karena tingginya minat orang-orang untuk bekerja sebagai ASN.

Dikutip dari Sapa Pagi Kompas TV, La Ode Ida Anggota OMBUDSMAN RI menyatakan bahwa sistem yang dilakukan dengan IT ini masih menjadi problem di Indonesia.

Penggunaan sistem untuk seleksi pendaftaran CPNS ini sebenarnya dimaksudkan untuk mengurangi adanya KKN yang pernah marak terjadi di Indonesia.

Sistem tidak akan bisa melakukan manipulasi data, maka dari itu dengan sistem IT secara online ini diharapkan transparansi dalam pendaftaran CPNS ini dapat menjadi seleksi yang adil bagi seluruh masyarakat.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas