Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gibran dan Bobby Maju Pilkada, PKS Khawatirkan Potensi Penyalahgunaan APBN, Deddy Sitorus: Suuzon!

Ketua DPP PKS Pipin Sopian mengkhawatirkan terbukanya potensi nepotisme dan penyalahgunaan APBN ketika terjadi politik dinasti.

Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: bunga pradipta p
zoom-in Gibran dan Bobby Maju Pilkada, PKS Khawatirkan Potensi Penyalahgunaan APBN, Deddy Sitorus: Suuzon!
Tangkapan Layar Kompas TV
Pipin Sopian dan Deddy Sitorus menanggapi pencalonan Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution. (Tangkapan Layar Kompas TV) 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pipin Sopian memastikan adanya nepotisme dalam dinasti politik.

Ia pun mengkhawatirkan terbukanya potensi nepotisme dalam pencalonan putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dan menantunya, Bobby Nasution di Pilkada 2020.

Dari banyak kasus serupa, yang pernah terjadi di berbagai daerah di Indonesia, satu hal yang Pipin khawatirkan yaitu terjadinya potensi penyalahgunaan APBN.

"Ini yang harus dipahami, bahwa ketika seseorang, katakanlah Gibran maju, yang dikhawatirkan adalah potensi penyalahgunaan APBN," kata Pipin.

Hal itu ia sampaikan dalam acara Sapa Indonesia Malam yang diunggah di kanal Youtube Kompas TV pada Minggu (8/12/2019).

Pipin pun melihat adanya akses yang lebih mudah didapatkan seorang anak atau pun menantu presiden untuk maju dalam Pilkada.

"Jika kita melihat runutannya, sebenarnya ada akses yang lebih mudah didapatkan oleh kerabat atau yang sedarah, dan saya melihat sebetulnya ini fenomena gunung es," tuturnya.

BERITA TERKAIT

Pipin menuturkan, hal itu disampaikannya berdasarkan apa yang dilihatnya selama ini.

Menurutnya, sebelum Gibran dan Bobby memutuskan mengikuti jejak Jokowi di dunia politik, kasus serupa pun pernah terjadi di beberapa daerah di Indonesia.

"Sebenarnya ini sudah terjadi di berbagai daerah, jadi sebelum muncul Bobby dan Gibran, sebenarnya di Banten, Purwakarta, Sulawesi, dan di berbagai daerah itu terjadi," kata Pipin.

Lebih lanjut Pipin menuturkan, dari yang selama ini ia perhatikan, kasus tersebut membawa pada kerusakan kaderisasi partai politik.

"Yang pertama adalah merusak sistem kaderisasi di partai politik," kata Pipin.

Pipin Sopian di Sapa Indonesia Malam
Pipin Sopian di Sapa Indonesia Malam. (Tangkapan layar Kompas TV)

Menurutnya, majunya Gibran ke Pilkada 2020 sama halnya seperti orang baru yang tiba-tiba datang, karena memiliki kedekatan dengan presiden, lalu melemahkan kader-kader partai yang sejauh ini telah membangun karir di partai.

"Tentu akan melemahkan kader-kader partai yang selama ini telah membangun karirnya di partai,

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas