Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Banjir Jakarta

Banjir Jakarta Belum Jadi Bencana Nasional, Moeldoko: Pemda Masih Bisa Tangani

Moeldoko mengatakan, status bencana banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya belum bisa ditetapkan sebagai bencana nasional.

Banjir Jakarta Belum Jadi Bencana Nasional, Moeldoko: Pemda Masih Bisa Tangani
Rina Ayu
Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan, status bencana banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya belum bisa ditetapkan sebagai bencana nasional.

Ia beralasan, pemerintah daerah di 3 provinsi yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten masih bisa menangani musibah yang terjadi di awal tahun ini.

"Belumlah (jadi bencana nasional). Pemda masih bisa mengatasi," kata Moeldoko saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).

Lanjut dia, kini penanganan banjir yang menelan sekitar 60 korban jiwa itu, ditangani pula pemerintah pusat sebagai inisiator.

Baca: Konflik di Perairan Natuna, Jokowi: Tidak Ada Tawar-Menawar

Baca: Akibat Banjir Jabodetabek, Jasa Perbaikan Mobil di Jakarta Ramai Orderan, Capai Tarif Mulai 2,5 Juta

"Yang diinisiasi bisa oleh pemerintah pusat, bukan diambil alih. Saya pikir bagaimana memikirkan secara integrasi di antara daerah penyangga (Jakarta, Jawa Barat, dan Banten) ini untuk kepentingan ke depan. Jangan lagi nanti saling menyalahkan," jelas dia.

Menurut dia, penyelesaian banjir tak hanya jadi persoalan DKI Jakarta tetapi juga provinsi Jawa Barat dan Banten.

Puluhan mobil milik warga di perumahan elite Greenville, Tanjung Duren, Jakarta Barat, terdampak banjir.
Puluhan mobil milik warga di perumahan elite Greenville, Tanjung Duren, Jakarta Barat, terdampak banjir. (Tribunnews.com/ Glery Lazuardi)

"Itu langkahnya adalah bagaimana mengintegrasikan langkah ke depan. Karena persoalan banjir di Jakarta tidak bisa dilepaskan dari luar Jakarta. Itu intinya," tegas dia.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas