Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KBRI Beijing Imbau WNI di Cina Waspada Penyakit Pneumonia Misterius

KBRI di Beijing mengeluarkan imbauan bagi warga negara Indonesia (WNI) di Cina untuk mewaspadai kasus penyakit pneumonia

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Adi Suhendi
zoom-in KBRI Beijing Imbau WNI di Cina Waspada Penyakit Pneumonia Misterius
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Beijing mengeluarkan imbauan bagi warga negara Indonesia (WNI) di Cina untuk mewaspadai kasus penyakit pneumonia atau radang paru-paru berat yang belum diketahui penyebabnya di Wuhan, Provinsi Hubei.

Komite Kesehatan Kota Wuhan saat ini terus melakukan penelitian dan pengawasan ketat terhadap mewabahnya penyakit pneumonia tersebut dan telah melakukan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit.

Baca: Ramalan Shio Mingguan, 13-19 Januari 2020: Minggu yang Tepat untuk Berwisata Jauh bagi Shio Tikus




"Sejauh ini berdasarkan pemantauan KBRI Beijing, tidak terdapat masyarakat Indonesia yang terjangkit penyakit pneumonia dimaksud, baik di Wuhan maupun di daerah lainnya," ujar Duta Besar Republik Indonesia di Cina, Djauhari Oratmangun saat dihubungi Tribun, Rabu (15/1/2020).

Sehubungan dengan hal tersebut sesuai dengan imbauan Kementerian Kesehatan RI, KBRI Beijing mengimbau kepada seluruh Masyarakat Indonesia di wilayah Tiongkok untuk memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Baca: PPP Sebut Opsi Natuna Jadi Provinsi Bisa Beri Pesan Penting Kepada Dunia Soal Kedaulatan NKRI

1. Bagi seluruh masyarakat yang berada di Wuhan atau sedang melakukan perjalanan ke Wuhan agar selalu memperhatikan kondisi kesehatannya dan segera melakukan konsultasi medis apabila merasa tidak sehat dan menunjukkan gejala-gejala demam, batuk dan sulit bernafas.

2. Menghindari kontak dengan hewan hidup termasuk unggas dan burung, dan menghindari konsumsi daging mentah dan kurang matang;

BERITA TERKAIT

3. Menghindari berkunjung ke pasar Ikan / makanan laut atau tempat penjualan hewan hidup;

4. Menghindari untuk berinteraksi dengan orang dengan gejala demam, batuk, dan sukar bernafas atau jatuh sakit dengan gejala yang sama dengan pneumonia;

5. Selalu menjaga higienitas seperti mencuci tangan dengan sabun, memakai masker apabila sedang batuk dan pilek, dan menutup mulut dengan tisu saat batuk atau bersin.

Baca: Benang Merah Pembelaan Muslim Uyghur dan Krisis Natuna, Jual Beli Polemik Indonesia-Cina

Bagi masyarakat Indonesia yang memerlukan bantuan kekonsuleran dapat menghubungi Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tiongkok Nomor 4, Dongzhimenwai Dajie, Chao Yang District, Beijing 100600, People's Republic of China, dengan nomor telepon 001-86-(10) 6532 5489, Fax: 001-86-(10) 6532-5368,Email: set.beijing.kbri@kemlu.go.id, serta Website: https://kemlu.go.id/beijing/id.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas