Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Virus Corona Merambah Sejumlah Negara, Kemenkes hingga Angkasa Pura Ambil Tindakan, Kenali Gejalanya

Virus Corona mulai merambah ke sujumlah negara. Untuk mencegahnya masuk ke Indonesia, sejumlah pihak telah mengambil tindakan. Ketahui gejala berikut.

Penulis: Widyadewi Metta Adya Irani
Editor: Whiesa Daniswara
zoom-in Virus Corona Merambah Sejumlah Negara, Kemenkes hingga Angkasa Pura Ambil Tindakan, Kenali Gejalanya
SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
Petugas mengoperasikan alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) saat penumpang pesawat tiba di terminal 2 Bandara Juanda Surabaya, Rabu (22/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Surabaya wilayah kerja bandara Juanda meningkatkan kewaspadaan dengan memasang alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) untuk mengantisipasi masuknya virus corona yang berasal dari negara China ke wilayah Indonesia. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM - Merambahnya Coronavirus atau Virus Corona menjadi perhatian publik belakangan ini.

Dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet Republik Indonesia, virus ini merupakan jenis virus baru yang masih satu family dengan virus penyebab SARS dan Mers.

Sementara itu, sejumlah negara seperti Jepang, Thailand, Korea Selatan, hingga Taiwan telah melaporkan adanya indikasi penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Diberitakan Tribunnews.com sebelumnya, sebanyak 17 orang meninggal dunia akibat Virus Corona.

Bahkan ada lebih dari 500 kasus yang telah dilaporkan secara global.

Sebagian besar kasus ada di China, dimana infeksi telah menyebar lebih cepat dalam beberapa hari terakhir.

Ketakutan meningkat tentang penyebaran virus ketika ratusan juta orang bepergian untuk perayaan Tahun Baru Imlek, yang dimulai Jumat (24/1/2020) besok.

BERITA TERKAIT

Untuk mencegah masuknya Virus Corona di Indonesia, berbagai pihak telah mengambil tindakan.

1. Kementerian Kesehatan

Guna mencegah masuknya Virus Corona ke tanah air, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah memasang pemindai suhu tubuh atau thermoscanner di 135 pintu keluar maupun pintu masuk bandara.

Langkah ini diambil setelah virus merebak hingga negara tetangga.

Korban meninggal pun bertambah menjadi 9 orang.

"Kami siapkan thermoscanner di 135 pintu negara baik udara, laut, maupun darat yang jaga petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kemenkes Anung Sugihantono, yang dikutip dalam laman setkab.go.id, Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Anung Sugihantono di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (4/2/2019).
Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Anung Sugihantono di Kementerian Kesehatan, Jakarta Selatan, Senin (4/2/2019). (TRIBUNNEWS.COM/APFIA)

Menurutnya, termoscanner akan mendeteksi suhu tubuh manusia, di mana jika suhunya mencapai 38 derajat celsius ke atas maka alat melihat postur tubuhnya berwarna merah.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas