Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Nurul Arifin Dukung Keputusan Evakuasi WNI dari Wuhan

Nurul melihat upaya pemulangan WNI ini sebagai tindakan urgent yang harus disikapi melalui mekanisme yang ada

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Nurul Arifin Dukung Keputusan Evakuasi WNI dari Wuhan
TRIBUN/DANY PERMANA
Anggota DPR RI dari fraksi Partai Golkar Nurul Arifin berbincang dengan awak redaksi Tribunnews.com di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (30/10/2019). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Golkar Nurul Arifin menyebut langkah pemerintah untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI)  di Wuhan, China sudah tepat.

"Menurut saya sudah sangat tepat langkah pemerintah yang ingin mengevakuasi seluruh WNI yang ada di Wuhan secepatnya," ujar Nurul, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (30/1/2020).

Nurul melihat upaya pemulangan WNI ini sebagai tindakan urgent yang harus disikapi melalui mekanisme yang ada. Pasalnya, negara lain turut melakukan evakuasi warganya di Wuhan.

Langkah ini, kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar tersebut, merupakan langkah nyata bahwa pemerintah memerhatikan hak seluruh WNI, baik di dalam maupun luar negeri.

Baca: Update Jumlah Korban Meninggal Akibat Virus Corona, 19 Negara Dikonfirmasi Terinfeksi

"Dengan maraknya Virus Corona ini di China, khususnya di Wuhan, WNI yang berada di sana harus dievakuasi dengan segera. Parlemen mendukung upaya pemulangan segera warga negara Indonesia yang terjebak di kota Wuhan," kata dia.

Namun demikian, Nurul turut mengimbau agar langkah evakuasi tersebut harus tetap mendahulukan unsur kehati-hatian. Sehingga virus tersebut tak menular dan mewabah di Indonesia.

BERITA REKOMENDASI

"Langkah pemerintah untuk evakuasi secepatnya sudah tepat. Namun harus memastikan WNI tidak memiliki gejala virus corona, dengan mendahulukan kehati-hatian agar tidak terjadi penularan kepada para petugas evakuasi," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas