Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kongres PAN

Soal Nasib Amien Rais di PAN, Zulkifli Hasan Minta Maaf

Amien Rais mendukung pasangan Mulfachri Harahap-Hanafi Rais, sementara Zulkifli maju tanpa embel-embel Amien Rais.

Soal Nasib Amien Rais di PAN, Zulkifli Hasan Minta Maaf
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Amien Rais 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) belum jelas menentukan sikap apakah gabung ke koalisi emerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin atau tetap oposisi sejak

Zulkifli Hasan terpilih sebagai Ketua Umum PAN Periode 2020-2025. Ia meraih suara lebih banyak dari Calon Ketua Umum lain, yakni Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo. Zulkifli meraih 331 suara, Mulfachri 225 suara, Dradjas 6 suara, dan 3 suara tidak sah.

Zulkifli kini menjadi nahkoda partai berlambang matahari tersebut dengan Hatta Rajasa sebagai Ketua Majelis Pertimbangan PAN.

Namun, Zulkifli belum menentukan arah partai apakah akan berkoalisi atau menjadi oposisi Pemerintahan Jokowi.

Zulkifli mengatakan PAN tidak akan masuk ke dalam pemerintahan, tapi juga tidak sebagai oposisi pemerintah.

Baca: Ditanya Seandainya Ketum PAN Zulkifli Hasan Mangkir 14 Februari, KPK: Kami Tidak Mau Berspekulasi

Baca: PAN Diprediksi Akan Gabung Koalisi Jokowi Seiring Terpilihnya Zulkifli Hasan Jadi Ketua Umum

"Kita akan jadi mitra kritis, bisa memberikan solusi masalah-masalah yang dihadapi. Masuk tidak, oposisi juga tidak," ujar Zulkifli di Kendari, Sulawesi Tenggara, Rabu (12/2/2020).

Yang terpenting, kata Zulkifli, ada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan. "Pak Prabowo jadi Menhan. Cukup Pak Prabowo saja yang di sana," kata Zulkifli.

Amien Rais Didepak

Zulkifli juga tidak menentukan posisi Amien Rais dalam struktural PAN. Saat ini, ia baru akan mendiskusikannya terlebih dulu dengan tokoh senior PAN lain.

"Nantilah kita kan baru (Kongres V), nanti kita diskusikan lagi," kata Zulkifli.

Zulkifli Hasan (ketiga kanan) memberikan keterangan usai terpilih sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025 dalam Kongres V PAN di Hotel Claro, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). Zulkifli Hasan terpilih lagi sebagai Ketum PAN setelah mendapatkan 331 suara mengungguli calon lainnya, Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo. Tribunnews/Dennis Destryawan
Zulkifli Hasan (ketiga kanan) memberikan keterangan usai terpilih sebagai Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2020-2025 dalam Kongres V PAN di Hotel Claro, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/2/2020). Zulkifli Hasan terpilih lagi sebagai Ketum PAN setelah mendapatkan 331 suara mengungguli calon lainnya, Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo. Tribunnews/Dennis Destryawan (Tribunnews/Dennis Destryawan)
Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas