Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

68 WNI ABK Diamond Princess Diangkut Helikopter Setiba di Indonesia?

rencananya WNI akan dibawa ke Pulau Sebaru dengan menggunakan KRI Dr Soeharso setibanya di pelabuhan di Indramayu tersebut.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Sanusi
zoom-in 68 WNI ABK Diamond Princess Diangkut Helikopter Setiba di Indonesia?
SURYA/SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ
SIAGA - Petugas melakukan kesiapan KRI Soeharso yang rencananya untuk evakuasi 74 WNI yang saat ini berada di dalam kapal pesiar Diamond Princess di Jepang. SURYA/AHMAD ZAIMUL HAQ 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 68 WNI ABK atau kru kapal Diamond Princess peserta observasi terkait virus Corona atau Covid-19 yang direncanakan dijemput di Bandara Kertajati Majalengka Jawa Barat hari ini, Minggu (1/3/2020) kemungkinan akan dibawa menggunakan helikopter menuju ke pelabuhan di Indramayu.

Nantinya, rencananya mereka akan dibawa ke Pulau Sebaru dengan menggunakan KRI Dr Soeharso setibanya di pelabuhan di Indramayu tersebut.

Baca: Minggu Pagi di Pulau Sebaru Kecil, Para WNI Ikuti Kegiatan Observasi dengan Senam Bersama

Kendati demikian, hal itu belum diputuskan karena saat ini Kementerian Kesehatan masih akan melakukan pengecekan menyeluruh terkait kesiapan Bandara Kertajati.

Ketika ditanya terkait kemungkinan tersebut, Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto mengatakan keputusan kemungkinan akan diambil setelah pengecekan selesai.

"Sekarang ditinjau untuk cek kesiapan Kertajati dan untuk diputuskan," kata Yuri ketika dihubungi Tribunnews.com pada Minggu (1/3/2020) pukul 10.42 WIB.

Ia mengatakan tengah dalam persiapan menuju ke Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat tersebut untuk mengecek semua hal terkait dengan penjemputan termasuk hal-hal yang bersifat teknis.

"Saya sedang persiapan ke Kertajati untuk cek semua dan teknis," kata Yuri.

BERITA REKOMENDASI

Pesawat Khusus

Juru Bicara Presiden RI Fadjroel Rachman mengatakan, 68 orang warga negara Indonesia (WNI) kru kapal pesiar Diamond Princess akan segera dievakuasi ke Tanah Air.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), evakuasi 68 kru Diamond Princess dijadwalkan pada Minggu (1/3/2020) malam ini.

Menurut Fadjroel, evakuasi memakai pesawat khusus Garuda Indonesia dari Bandara Haneda, Jepang ke Bandara Kertajati, Jawa Barat.

"Kemudian langsung dipindahkan ke Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta untuk menjalani transit observasi, yang direncanakan, selama 28 hari," kata Fadjroel kepada Tribunnews, Minggu (1/3/2020).

Ia menambahkan, evakuasi kemanusiaan tahap ke-3 ini merupakan rangkaian evakuasi kemanusiaan yang diperintahkan Presiden Joko Widodo untuk menyelamatkan dan melindungi Warga Negara Indonesia.

Terlebih, evakuasi kemanusiaan tahap ke-1 yang menyelamatkan 238 WNI dari Provinsi Hubei RRT, kemudian evakuasi kemanusiaan tahap ke-2 yang menyelamatkan 172 laki-laki dan 16 perempuan, dengan total 188 orang dari MV World Dream.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas