Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Menkopolhukam: 117 Napiter Sudah Nyatakan Setia NKRI, 48 di Antaranya di Nusakambangan

Mahfud MD mengatakan dalam kunjungan kerja itu dirinya melakukan pendataan berapa banyak napiter yang sudah dideradikalisasi

Menkopolhukam: 117 Napiter Sudah Nyatakan Setia NKRI, 48 di Antaranya di Nusakambangan
Tribunnews.com/Vincentius Jyestha
Menkopolhukam Mahfud MD 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengatakan ada 117 napi teroris (napiter) yang sudah menyatakan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) di tahun 2020.

Hal ini diungkapkan pascakunjungan kerja Mahfud MD ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jumat (6/3/2020).

Baca: Mahfud MD: Lautan Kita Luas, Kaya, Rumit dan Rawan

Mahfud MD mengatakan dalam kunjungan kerja itu dirinya melakukan pendataan berapa banyak napiter yang sudah dideradikalisasi.

"Tahun 2020 ini sudah ada lebih dari 117 napiter. Ini di seluruh Indonesia. Kita kan punya program deradikalisasi dimana orang yang pernah terpapar atau terlibat terorisme disadarkan kembali," ujar Mahfud MD, di Graha Pengayoman, Kemenkumham, Jakarta Selatan, Jumat (6/3/2020).

Dari jumlah tersebut, 48 diantaranya disebut Mahfud MD masih menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Nusakambangan.

"Informasinya di Nusakambangan sudah ada 48 napiteroris yang sekarang sudah kembali ke NKRI. Atau menyatakan kesetian dan menunjukan perilaku NKRI," jelasnya.

Disinggung mengenai sudah siapkan 117 napiter ini jika kembali berbaur di masyarakat, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut mengatakan ada prosedur-prosedur yang harus dijalani.

"Ya nanti ada prosedur-prosedur lain, prosedur hukum lain apakah hukumannya sudah habis belum. Kemudian kalau sudah habis nanti mau dikemanakan," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengecek sejauh mana perkembangan pemblokiran paspor Foreign Terorist Fighter (FTF) ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Jumat (6/3/2020).

Halaman
12
Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas