Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jubir Penanganan Corona di Indonesia: 3 Pasien Dinyatakan Sembuh

Jubir Penanganan Corona di Indonesia, Achmad Yurianto mengumumkan ada tiga pasien Covid-19 yang telah dinyatakan sembuh dan boleh pulang.

Penulis: Rica Agustina
Editor: Ayu Miftakhul Husna
zoom-in Jubir Penanganan Corona di Indonesia: 3 Pasien Dinyatakan Sembuh
tangkapan layar kanal YouTube Metrotvnews
Juru Bicara Penanganan Virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto mengumumkan, ada tiga pasien Covid-19 dinyatakan sembuh. 

TRIBUNNEWS.COM - Juru Bicara Penanganan Virus Corona di Indonesia, Achmad Yurianto mengumumkan, ada tiga pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh.

Setelah dilakukan pengecekan lebih lanjut oleh tenaga kesehatan yang menangani, diputuskan bahwa ketiga pasein negatif Corona.

Yurianto menyebut, secara klinis ketiga pasien sudah tidak mengalami keluhan sama sekali.

Sedangkan secara laboratorium, hasil pemeriksaan menunjukkan mereka negatif Corona.

"Secara laboratorium, dua kali kita melakukan pemeriksaan hasilnya negatif. Maka diputuskan bahwa ketiga pasien dinyatakan sembuh dan tidak membutuhkan lagi perawatan," kata Yurianto melansir kanal YouTube Metrotvnews, Kamis (12/3/2020).

Akan tetapi, meski telah dinyatakan sembuh, pihak penanganan Corona di Indonesia masih akan terus memberikan eduksi pada ketiga pasien.

Baca: Achmad Yurianto Jelaskan Mengapa Tak Bisa Tiru Singapura atasi Virus Corona, Penonton Tepuk Tangan

Yurianto mengatakan, pihaknya telah menghimbau kepada para pasien yang sudah sembuh untuk tetap membatasi diri dari lingkungan sementara waktu.

BERITA TERKAIT

Selain itu, ia juga meminta mereka untuk melakukan aktivitas fisik yang seimbang, menjaga asupan gizi, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Lebih lanjut, Yurianto menjelaskan mengenai mekanisme perizinan pasien sembuh Corona sebelum diperbolehkan pulang.

"Di dalam mekanisme izin pulang ini tetap ada administrasi yang kita lakukan bahwa mereka nanti akan dibekali surat rujuk balik yang ditujukan kepada Puskesmas di mana mereka tinggal," kata Yurianto.

Hal itu merupakan bagian dari pengawasan atau monitoring yang dilakukan pemerintah, dan untuk kepentingan pasien atau pihak Puskesmas.

Covid-19 Ditetapkan sebagai Pandemi Global, Telah Mewabah di 119 Negara dengan Tingkat Pemulihan Capai Lebih dari 54 Persen
Covid-19 Ditetapkan sebagai Pandemi Global, Telah Mewabah di 119 Negara dengan Tingkat Pemulihan Capai Lebih dari 54 Persen (coronavirus.thebaselab.com)

Sementara itu, tiga pasien yang sudah dinyatakan sembuh di antaranya pasien kode kasus 06 yang berjenis kelamin laki-laki dan berusia 39 tahun.

Selanjutnya, pasien kode kasus 14, yakni seorang laki-laki berusia 50 tahun.

"Yang ketiga, pasien dengan identitas nomor 19, laki-laki dengan usia 49 tahun," paparnya masih melansir sumber yang sama.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas