Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

68 WNI ABK Diamond Princess Dipulangkan Besok

Pangkogabwilhan mengatakan, pihaknya akan menyerahkan 68 warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess pada Minggu besok.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Dewi Agustina
zoom-in 68 WNI ABK Diamond Princess Dipulangkan Besok
Danang Triatmojo/Tribunnews.com
Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksamana Madya Yudo Margono di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (14/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksamana Madya Yugo Margono mengatakan, pihaknya akan menyerahkan 68 warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess pada Minggu (15/3/2020) pagi.

Langkah itu diambil setelah ke-68 ABK usai mengikuti proses observasi virus corona (COVID-19) di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

"Besok akan kita lakukan pemulangan kembali untuk rekan-rekan kita, Sebaru 68 yang waktunya akan sama dan prosesnya juga sama seperti hari ini (188 WNI ABK World Dream)," di Pelabuhan Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu (14/3/2020).

Ratusan WNI awak kapal pesiar World Dream dan Diamond Princess yang  menjalani observasi menerima penyuluhan dari Tim Kesehatan Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) tentang keberadaan, penyebab hingga penyebaran virus corona termasuk bagaimana pola hidup sehat dalam menjaga kesehatan, bertempat di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (10/3/2020). TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI
Ratusan WNI awak kapal pesiar World Dream dan Diamond Princess yang menjalani observasi menerima penyuluhan dari Tim Kesehatan Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) tentang keberadaan, penyebab hingga penyebaran virus corona termasuk bagaimana pola hidup sehat dalam menjaga kesehatan, bertempat di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (10/3/2020). TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI (TRIBUNNEWS.COM/PUSPEN TNI)

Sebaru 68 merupakan istilah yang digunakan Yugo untuk menyebut WNI ABK Diamond Pricess yang diobservasi dari virus corona di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu.

Dikatakan Yugo, pihaknya juga akan menerjunkan 40 anggota tim pendamping ke-68 ABK Diamond Princess.

"Dari 68 (ABK Diamond Pricess) itu, ada pendampingnya 40," ujar Yugo.

Baca: 2 Jam Sebelum Akan Nikah Cinta Penelope Bertengkar dengan Suami, Tak Ingin Gagal Lagi

Baca: Alasan Anies Baswedan Menutup Kegiatan Belajar di Sekolah Selama Dua Pekan

BERITA TERKAIT

Dia mengatakan, pihaknya akan mengerahkan KRI dr Semarang-594 untuk memboyong 68 ABK Diamond Princess ke Pelabuhan Kolinlamil untuk diserahkan ke pihak Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Kemenko PMK) dan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Yugo memastikan, pihaknya akan melakukan proses pemeriksaan kembali terhadap 68 WNI ABK Diamond Princess.

Namun, langkah itu harus dikoordinasikan terlebih dahulu dengan dinas kesehatam dan Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

"Ya, nanti kita koordinasikan dengan Kemenkes. Yang jelas mereka yang ada disana, akan ada pemeriksaan kesehatan, baik dari dinkes masing-masing atau dari kemenkes. Nanti kita akan koordinasikan," ucap Yugo.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas