Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Google Indonesia hingga Kelas Pintar Bantu Siswa Belajar Daring, Mendikbud Sampaikan Apresiasi

Nadiem berharap gotong royong pendidikan ini dapat menjadi solusi seiring bertambahnya kebijakan pemerintah daerah yahg menghentikan sementara

Google Indonesia hingga Kelas Pintar Bantu Siswa Belajar Daring, Mendikbud Sampaikan Apresiasi
Tribunnews.com/Reza Deni
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (20/2/2020) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengapresiasi dukungan berbagai perusahaan di bidang teknologi pendidikan dalam membantu siswa belajar secara mandiri lewat Daring (onilne), terutama di wilayah terdampak virus corona atau Covid-19.

Nadiem berharap gotong royong pendidikan ini dapat menjadi solusi seiring bertambahnya kebijakan pemerintah daerah yahg menghentikan sementara aktivitas belajar di sekolah.

"Kami menghargai mitra-mitra di sektor swasta yang secara sukarela mendukung sistem pendidikan nasional dan memastikan para siswa dapat terus belajar berdasarkan target yang telah ditetapkan oleh guru dan sekolah sesuai kebutuhan dan implementasi pembelajaran dengan bimbingan orang tua dan guru dari jarak jauh," ujar Nadiem, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (15/3/2020).

Baca: Antisipasi Virus Corona, Lakukan Kegiatan Belajar di Rumah

Dia mengatakan saat ini pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melakukan penyelenggaraan pembelajaran secara daring.

Beberapa pihak yang fokus mengembangkan sistem pendidikan secara daring antara lain Google Indonesia, Kelas Pintar, Microsoft, Quipper, Ruangguru, Sekolahmu, dan Zenius.

Mendukung pernyataan Nadiem, beberapa mitra menyatakan kesanggupannya untuk berkontribusi menyelenggarakan sistem belajar secara daring. Setiap platform akan memberikan fasilitas yang dapat diakses secara umum dan gratis.

Salah satunya Google yang berkomitmen untuk membantu meningkatkan pembelajaran untuk semua orang melalui G Suite for Education. Platform tersebut adalah alat pembelajaran kolaboratif antara guru dan siswa yang tersedia gratis dari Google.

Sekolah dapat menggunakan Hangouts Meet, alat konferensi video yang tersedia untuk seluruh pengguna G Suite, dan Google Classroom, untuk mengikuti kelas dan melanjutkan pembelajaran jarak jauh dari rumah.

Baca: Sudah 115 Warga Negara Asing Ditolak Imigrasi Bali

Google menyediakan fitur Hangouts Meet yang paling lengkap secara gratis yang meliputi kemampuan live streaming hingga 100.000 penonton dalam suatu domain dan pertemuan besar hingga 250 peserta per kelas hingga 1 Juli 2020 yang bisa direkam dan disimpan di Google Drive untuk akses di kemudian hari.

"Melalui G Suite for Education, para siswa dapat terus belajar meski ketika akses internet lambat atau tidak tersedia dan di manapun mereka berada," ujar Public Policy & Government Relations Manager Google Indonesia Danny Ardianto.

Sementara itu, pendiri Kelas Pintar Fernando Uffie turut mendukung langkah antisipatif Kemendikbud untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Baca: Ini Perbedaan Lockdown dan Status KLB di Beberapa Kota untuk Mengurangi Penyebaran Virus Corona

Menurutnya penghentian sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah, tak lantas membuat proses belajar siswa terhenti. Siswa bisa tetap belajar secara daring, guru bisa tetap memberikan pendampingan dalam proses belajar siswa, dan orang tua bisa memonitor perkembangan belajar anaknya.

Semua itu, kata Uffie, bisa dilakukan dengan solusi pendidikan berbasis teknologi seperti Kelas Pintar. "Selama satu bulan ke depan, guru maupun siswa di seluruh Indonesia bisa menggunakan solusi belajar daring dari Kelas Pintar secara gratis. Agar proses pembelajaran siswa tetap berlanjut, kapan dan dari manapun," jelas Uffie.

Ikuti kami di
Add Friend
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas