Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

KPK Bakal Kaji Temuan BPK Terkait Permasalahan Bansos

BPK menemukan permasalahan mengenai bansos di pemerintah pusat maupun pemerintah daera berpotensi mengalami kerugian hingga miliaran

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in KPK Bakal Kaji Temuan BPK Terkait Permasalahan Bansos
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron memberikan keterangan terkait kajian tata kelola Dana Jaminan Sosial (DJS) Kesehatan di gedung KPK, Jakarta, Jumat (13/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait permasalahan bantuan sosial (bansos).

Terlebih, dikatakan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, jika ada potensi kerugian negara yang dimunculkan dalam temuan BPK itu.




"Iya tentu berkoordinasi, terhadap semua bisnis penyelenggaraan pemerintahan yang berpotensi kerugian negara apalagi sudah ada penilaiannya dari BPK tentu KPK akan mengkaji," kata Ghufron dalam keterangannya, Minggu (10/5/2020).

Seperti diketahui, BPK menemukan adanya permasalahan mengenai bansos di pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Negara berpotensi mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.

Baca: Janji KPK: Akan Lebih Serius Buru Para DPO, Langsung Ditahan dan Diumumkan di Konferensi Pers

Baca: Disindir ICW Sebagai Komisi Pembebasan Koruptor, Ini Jawaban Ketua KPK Firli Bahuri

Ghufron mengatakan, KPK akan mempelajari potensi kerugian negara tersebut. Sebab menurutnya, potensi kerugian negara bisa disebabkan sejumlah hal.

"Potensi itu harus dipastikan penyebabnya karena kesalahan administrasi, prosedur dan tata laksana, atau pidana, contoh pemalsuan, markup data, untuk itu KPK akan mempelajari lebih dahulu setelah mendapat laporan secara resmi dari BPK," kata Ghufron. 

BERITA TERKAIT

--

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas