Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Panglima TNI Dikritik Belum Usulkan Nama Pengganti KSAL

hingga kini belum ada usulan nama yang diberikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Presiden Joko Widodo terkait pengganti Siwi.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Panglima TNI Dikritik Belum Usulkan Nama Pengganti KSAL
Dinas Penerangan Angkatan Laut
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji memimpin Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-74 Korps Marinir, yang digelar di Bumi Marinir Karangpilang, Surabaya pada Jumat (15/11/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji hari ini genap berusia 58 tahun.

Usia tersebut juga menjadi usia pensiun bagi perwira TNI.

Namun hingga kini, belum ada usulan nama yang diberikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kepada Presiden Joko Widodo terkait pengganti Siwi.




Lantas bagaimanakah aturan sebenarnya terkait pergantian tersebut?

Peneliti HAM dan Sektor Keamanan SETARA Institute Ikhsan Yosarie mengatakan rujukan aturan terkait usia pensiun tersebut dapat dilihat pada UU No.34 tahun 2004 tentang TNI dan PP No. 39 tahun 2010 tentang Administrasi Prajurit TNI.

"Pada Pasal 53 UU TNI dan Pasal 50 (1) PP tersebut, secara eksplisit disebutkan bahwa usia pensiun bagi perwira paling tinggi 58 tahun. Tidak ada pengecualian yang diatur. Sehingga, tentu menjadi pertanyaan kenapa pergantian belum dilakukan?" ujar Ikhsan ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (14/5/2020).

Ikhsan menilai terlambatnya pembahasan dan pergantian ini akan berimplikasi pada terganggunya regenerasi TNI dan efektivitas komando di matra terkait.

BERITA TERKAIT

Dia mencontohkan dari matra lain yakni KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa saja saat ini berumur 56 tahun, yang mana artinya regenerasi tetap berlanjut.

Belum lagi, kata dia, masih ada pembahasan calon KSAL pengganti Siwi apakah nantinya tertib angkatan atau dengan pertimbangan lain.

"Semakin lama pergantian implikasi berikutnya tentu terkait efektivitas komando, mengingat persoalannya adalah pergantian pucuk pimpinan di matra," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji diketahui akan segera memasuki masa pensiun pada bulan Mei 2020.

Hingga saat ini belum ada informasi siapa sosok yang disiapkan untuk menggantikan Siwi memimpin matra laut ke depannya.

Namun, Tribunnews.com telah merangkum nama-nama perwira tinggi TNI bintang tiga di matra laut yang kemungkinan berpeluang menggantikan Siwi.

Dari matra laut, terdapat tujuh nama perwira yang memiliki bintang tiga atau setara dengan pangkat Laksamana Madya.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas