Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ibadah Haji 2020

Ibadah Haji Tahun Ini Belum Pasti, DPR Minta Menag Proaktif Hubungi Kerajaan Arab Saudi

Sementara Fachrul awalnya berkomitmen akan memutuskan kepastian keberangkatan jamaah pada tanggal 20 Mei dalam rapat dengan Komisi VIII DPR RI.

Ibadah Haji Tahun Ini Belum Pasti, DPR Minta Menag Proaktif Hubungi Kerajaan Arab Saudi
Istimewa
Ilustrasi ibadah Haji 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agama menunda pengumuman soal kepastian penyelenggaraan haji tahun 2020 dari yang semula dijadwalkan 20 Mei menjadi awal Juni mendatang.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily meminta Menteri Agama Fachrul Razi untuk berkomunikasi dengan pihak Kerajaan Arab Saudi terkait dilaksanakan tidaknya ibadah haji tahun ini. 

"Yang kami harapkan kepada Menteri Agama sebetulnya adalah sikap pro-aktif untuk berkomunikasi langsung dengan pihak Kerajaan Arab Saudi agar memastikan apakah dilaksanakan atau tidak ibadah haji tahun ini," ujar Ace, ketika dihubungi Tribunnews.com, Kamis (21/5/2020). 

Menurut Ace, hingga saat ini pihak Arab Saudi belum memberikan keterangan apapun tentang rencana pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Sementara Fachrul awalnya berkomitmen akan memutuskan kepastian keberangkatan jamaah pada tanggal 20 Mei dalam rapat dengan Komisi VIII DPR RI

Kepastian akan jadi tidaknya jamaah berangkat sangatlah penting, karena jika memang jadi diberangkatkan Ace menilai Indonesia perlu mempersiapkannya dengan semaksimal mungkin.

Sehingga keselamatan dan kesehatan calon jamaah haji Indonesia terjamin dan tidak tertular Covid-19. 

"Indonesia ini merupakan negara muslim terbesar yang memberangkatkan calon jemaah haji ke Arab Saudi. Perlu persiapan yang cukup untuk memastikan kesehatan dan keselamatan calon jamaah," kata dia. 

"Selain itu, sebagian latar belakang usia calon jemaah haji kita di atas 50 tahun. Jadi sangat rentan terpapar virus corona atau Covid-19," imbuh dia. 

Lebih lanjut, politikus Golkar tersebut mengimbau agar Fachrul tak mengambil keputusan sebelum mendapat keterangan resmi dari pihak Arab Saudi. 

Halaman
1234
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas