Tribun

Hari Lahir Pancasila

Politikus PAN Ajak Warga Ibu Kota Jadikan Hari Lahir Pancasila Sebagai Momentum Perketat Kedisplinan

DPRD DKI Jakarta mengajak masyarakat menjadikan momentum hari lahir Pancasila (1/6/2020) untuk memperkuat sikap disiplin

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Adi Suhendi
Politikus PAN Ajak Warga Ibu Kota Jadikan Hari Lahir Pancasila Sebagai Momentum Perketat Kedisplinan
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas PMI Jakarta Pusat melakukan penyemprotan cairan disinfektan di kawasan Bundaran HI, Jakarta, Minggu (31/5/2020). Penyemprotan di fasilitas umum tersebut untuk mencegah penyebaran Covid-19 serta terkait penerapan tatanan normal baru (new normal). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - DPRD DKI Jakarta mengajak masyarakat menjadikan momentum hari lahir Pancasila (1/6/2020) untuk memperkuat sikap disiplin, guna menyongsong kehidupan normal baru atau new normal.

Anggota Fraksi PAN di DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim meminta masyarakat ibu kota menaruh sikap optimisme bahwa pandemi Covid-19 akan berakhir sesegera mungkin.

Apalagi jika dibarengi dengan tingkat disiplin yang baik.

"Kita semua harus yakin ini semua adalah ujian dari Allah SWT, serta kita harus optimis bahwa musibah ini akan berlalu," ujar Lukmanul Hakim kepada wartawan, Senin (1/6/2020).

Baca: Psikolog: Media Sosial Bisa Jadi Gerbang Awal Perselingkuhan

Masyarakat juga diharapkan terus menerapkan sikap gotong royong tinggi, guna membantu sesama yang lebih membutuhkan atau terimbas pandemi Covid-19 dan kebijakan PSBB.

"Karena Pancasila, kita menemukan nilai-nilai yang sangat mendasar, yang berkaitan dengan bernegara, kemudian di dalamnya ada asas bahwa rakyat Indonesia harus selalu kuat salah satunya dengan gotong royong," ucap dia.

Baca: Kunci Jawaban Soal SD Kelas 4-6 Belajar dari Rumah Selasa, 2 Juni 2020, Materi Siklus Air

Lebih lanjut, Anggota Komisi A ini mengatakan meski hari lahir Pancasila diperingati ketika wabah virus corona melanda, tapi Pancasila tetap jadi dasar filsafat dan pandangan hidup bangsa Indonesia salah satunya dalam menghadapi musuh tak kasat mata itu.

"Sudah 75 tahun Pancasila menjadi pemandu bangsa Indonesia. Selama itu pula Pancasila bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya," katanya.

Mengenal New Normal Beserta Panduan Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas