Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Restoran Ini Disinyalir Tempat Operasi Tangkap Tangan Bupati Kutai Timur

Dari operasi tangkap tangan (OTT) itu, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menyita sejumlah barang bukti, berupa uang tunai Rp 170 juta

Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Restoran Ini Disinyalir Tempat Operasi Tangkap Tangan Bupati Kutai Timur
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Foto kolase tersangka Bupati Kutai Timur Ismunandar (kiri) bersama istrinya yang juga Ketua DPRD Kutai Timur Encek Unguria (kanan) mengenakan rompi oranye setelah resmi ditahan KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). KPK menahan pasangan Bupati Kutai Timur bersama istrinya dan juga Kadis PU Kutai Timur Aswandini, Kepala Bapenda Kutai Timur Musyaffa, Kepala BPKAD Kutai Timur Suriansyah, Kontraktor Aditya Maharani, dan Decky Aryanto terkait dugaan kasus korupsi dalam bentuk penerimaan hadiah atau janji terkait pekerjaan infrastruktur di lingkungan Kabupaten Kutai Timur tahun 2019-2020. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bupati Kutai Timur, Ismunandar, bersama ajudannya, Arif Wibisono, dan Kepala Badan Pendapatan Daerah Musyaffa diamankan di restoran FX Senayan, Jakarta, pada Kamis (2/7/2020) sekitar pukul 18.45 WIB.

Dari operasi tangkap tangan (OTT) itu, penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menyita sejumlah barang bukti, berupa uang tunai Rp 170 juta, beberapa buku tabungan dengan saldo Rp 4,8 Miliar dan sertifikat deposito sebesar Rp 1,2 Miliar.

Berdasarkan penelusuran, restoran FX Senayan merujuk pada fX Sudirman atau disingkat dengan fX. fX adalah pusat perbelanjaan yang terletak di kawasan Senayan, Jakarta Pusat. Dikarenakan berada di kawasan Senayan, fX kerap disebut fX Senayan.




Lokasi fX sangat strategis dan berada di pusat kota. Pusat perbelanjaan itu dekat dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stasiun MRT Istora.

Baca: DA Tersangka Rekanan Pemkab Kutai Timur Dibawa ke Jakarta

Pada Juli 2019 lalu, fX menjadi tempat pertemuan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Jokowi dan Prabowo sempat makan di satu meja di restoran Sate Khas Senayan, FX. 

Mereka saling bertarung di pemilihan presiden (pilpres) 2019. Ketika itu, Jokowi sebagai petahana meraih perolehan suara terbanyak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, pada masa pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) ini, fX sudah kembali dibuka mulai tanggal 15 Juni 2020. Sebagian besar tempat makan dibuka.

BERITA TERKAIT

"Untuk mall fX sudah dibuka dari tanggal 15 Juni. Sudah buka kira-kira 75 sampai 80 persen," kata salah seorang pegawai fX yang tidak ingin disebutkan namanya, Sabtu (4/7/2020).

Dia meminta agar menghubungi pihak pengelola fX untuk mengetahui informasi adanya OTT tersebut.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menunjukkan tersangka beserta barang bukti saat konferensi pers terkait OTT Kutai Timur di gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). KPK resmi menahan Bupati Kutai Timur Ismunandar, Ketua DPRD Kutai Timur yang juga Istri Bupati Encek Unguria, Kadis PU Kutai Timur Aswandini, Kepala Bapenda Kutai Timur Musyaffa, Kepala BPKAD Kutai Timur Suriansyah, Kontraktor Aditya Maharani, dan Decky Aryanto terkait dugaan kasus korupsi dalam bentuk penerimaan hadiah atau janji terkait pekerjaan infrastruktur di lingkungan Kabupaten Kutai Timur tahun 2019-2020. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menunjukkan tersangka beserta barang bukti saat konferensi pers terkait OTT Kutai Timur di gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/7/2020). KPK resmi menahan Bupati Kutai Timur Ismunandar, Ketua DPRD Kutai Timur yang juga Istri Bupati Encek Unguria, Kadis PU Kutai Timur Aswandini, Kepala Bapenda Kutai Timur Musyaffa, Kepala BPKAD Kutai Timur Suriansyah, Kontraktor Aditya Maharani, dan Decky Aryanto terkait dugaan kasus korupsi dalam bentuk penerimaan hadiah atau janji terkait pekerjaan infrastruktur di lingkungan Kabupaten Kutai Timur tahun 2019-2020. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Sementara itu, dihubungi terpisah, Marketing Communication Supervisor at PT. Plaza Lifestyle Prima (mall fX Sudirman, Yasmina Anggraini, mengaku tidak mengetahui informasi adanya OTT di tempat tersebut.

"Kami tidak mengetahui hal itu. Tidak mendengarnya," ujarnya, saat dihubungi.

Untuk diketahui, KPK telah menetapkan tujuh orang tersangka perkara korupsi berupa penerimaan hadiah atau janji terkait pekerjaan infrastruktur di lingkungan pemerintah kabupaten kutai timur tahun 2019-2020

Upaya pengungkapan perkara itu dilakukan setelah pihak komisi anti rasuah menerima laporan adanya dugaan tindak pidana korupsi. Sebagai tindak lanjut, tim KPK melakukan kegiatan di dua tempat, yaitu di area Jakarta dan Sangatta, Kutai Timur, pada Kamis 2 Juli 2020.

"Sekitar pukul 18.45 wib, setelah tim KPK mendapat informasi penggunaan uang yang diduga dikumpulkan dari para rekanan yang mengerjakan proyek di pemkab kutim. Selanjutnya tim KPK mengamankan ISM, AW, dan MUS di restoran fx senayan Jakarta," ujar Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas