Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kasus Novel Baswedan

Jelang Sidang Vonis Kasus Novel Baswedan, Kuasa Hukum Harap Diberi Laporan oleh KY

Komisi Yudisal (KY) diminta memberikan laporan pertanggungjawaban terkait pemantauannya terhadap jalannya persidangan kliennya.

Jelang Sidang Vonis Kasus Novel Baswedan, Kuasa Hukum Harap Diberi Laporan oleh KY
Tribunnews/Irwan Rismawan
Penyidik KPK, Novel Baswedan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua pekan menjelang sidang putusan terhadap perkara penganiayaan terhadap Penyidik Senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, Anggota Tim Kuasa Hukum Novel, Saleh Al Ghifari, berharap Komisi Yudisal (KY) memberikan laporan pertanggungjawaban terkait pemantauannya terhadap jalannya persidangan kliennya.

Saleh mengatakan pihaknya sudah dua kali menyurati KY.

Saleh mengatakan surat aduan pertama dikirimkan sekira tiga sampai empat bulan lalu dan surat kedua disampaikan dalam kurun dua bulan ke belakang.

Saleh mengatakan pada pokoknya surat tersebut meminta lembaga yang berwenang mengawasi pelanggaran kode etik hakim itu untuk melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap jalannya persidangan.

Baca: Novel Baswedan:Teror Terhadap Aktivis Anti Korupsi Tidak Pernah Diungkap

Selain itu Tim Kuasa Hukum Novel juga telah meminta kepada KY untuk memantau terkait kemungkinan tidak maksimalnya proses pencarian fakta dalam persidangan kliennya.

Meski begitu, menurut Saleh, hingga saat ini pihaknya belum mendapat laporan perkembangan terkait pemantauan yang dilakukan KY.

Hal itu disampaikan Saleh dalam diskusi yang dilakukan oleh LBH Jakarta dan Shelter Utara yang disiarkan secara langsung lewat akun Instagram resmi LBH Jakarta, @lbh_jakarta, pada Minggu (5/7/2020).

Baca: Komisi Yudisial Bakal Pantau Sidang Putusan Perkara Penganiayaan Novel Baswedan

"Tapi tidak ada perkembangan juga ke kami. Ya kami berharap semoga KY berjalan dan kemudian nanti di akhir memberikan laporan pertanggung jawaban mengenai respon permohonan pemantauan dan pengawasan yang kami lakukan. Harapannya ya bisa jadi mungkin ada temuan bahwa ada yang keliru dari proses persidangan ini," kata Saleh.

Diberitakan sebelumnya, sidang pembacaan putusan perkara penganiayaan penyidik KPK, Novel Baswedan, yang dijadwalkan akan digelar pada 16 Juli 2020 mendatang akan dipantau pihak Komisi Yudisial (KY).

Baca: Dianggap Kasus Pribadi, Novel Baswedan Diminta Kembalikan Biaya Pengobatan Rp 3,5 Miliar

Halaman
12
Penulis: Gita Irawan
Editor: Malvyandie Haryadi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas