Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Izinkan Masyarakat Gelar Salat Idul Adha dan Kurban di Masjid dan Lapangan, Ini Syaratnya

Mahfud mengatakan pemerintah sangat menganjurkan khususnya agar Salat Id dapat digelar di lingkungan terbatas dan orang yang terbatas.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Sanusi
zoom-in Pemerintah Izinkan Masyarakat Gelar Salat Idul Adha dan Kurban di Masjid dan Lapangan, Ini Syaratnya
Tribunnews.com/Vincentius Jyestha
Mahfud MD 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mempersilakan masyarakat untuk menggelar salat Idul Adha dan kurban, selama tetap menjalankan prokol kesehatan sesuai dengan surat edaran Kementerian Agama nomor 18 tahun 2020.

Mahfud mengatakan hal tersebut adalah keputusan yang diambil pemerintah usai rapat bersama usai rapat terbatas virtual bersama empat Menko, Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, Polri, Kepala Staf Kepresidenan dan beberapa kementerian lembaga terkait pada Senin (13/7/2020).

Baca: Pemerintah akan Atur Teknis Penyelenggaraan Shalat Idul Adha dan Kurban

"Salat Id dan kurban boleh dilakukan dengan di tempat-tempat ibadah baik di lapangan maupun di masjid. Tapi tetap dengan protokol kesehatan," kata Mahfud dalam video yang dibagikan Tim Humas Kemenko Polhukam pada Senin (13/7/2020).

Mahfud mengatakan pemerintah sangat menganjurkan khususnya agar Salat Id dapat digelar di lingkungan terbatas dan orang yang terbatas.

"Sangat dianjurkan Salat Id dilakukan di lingkungan-lingkungan terbatas. Misalnya di komplek seperumahan, di sekolah, di kampung. Jadi bisa dilakukan di tempat dan jumlah jemaah terbatas. Misalnya yang hadir di situ saling kenal sehingga kalau ada sesuatu bisa saling tahu dari mana sumbernya," kata Mahfud.

Mahfud juga menjelaskan dalam rapat yang berlansung secara virtual tersebut, semua menteri teknis melaporkan kesiapannya dalam menyambut hari raya Idul Adha pada akhir Juli ini.

BERITA REKOMENDASI

“Menteri Agama tadi sudah menyiapkan protokol peribadatan yang praktis dan aman, tanpa mengurangi ketentuan syar'i. Menteri perhubungan sudah menyiapkan transprotasi yang aman, Kapolri sudah menyiapkan berbagai program untuk pengamanan mengatasi berbagai tindak kriminal dan kejahatan terorisme misalnya. Menteri Perekonomian menyiapkan bahan bahan pokok yang diperlukan. Menteri pertanian juga melaporkan ketersediaan hewan qurban,” kata Mahfud.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas