Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jenderal Andika Perintahkan Kapuskes TNI AD Percepat Uji Klinis Anti Covid-19

KSAD minta Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat Mayor Jenderal Asrofi Sueb Rachman untuk mengkoordinasikan pelaksanaan uji klinis Anti Covid-19.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Jenderal Andika Perintahkan Kapuskes TNI AD Percepat Uji Klinis Anti Covid-19
Istimewa
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memerintahkan, Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat Mayor Jenderal Asrofi Sueb Rachman untuk mengkoordinasikan pelaksanaan uji klinis Anti Covid-19.

Tentunya, bekerjasama dengan BIN dan Universitas Airlangga.




"Untuk contact person utama langsung oleh Kapuskes AD, keputusan ini langsung saya dukung dan harus cepat dilaksanakan," kata Andika dalam rapat berkala penanganan Covid-19 di Puskodal Mabes AD dikutip dari instagram @TNIAD, Sabtu, (18/7/2020).

Pernyataan KSAD tersebut terkait dengan permintaan pihak Universitas Airlangga untuk melibatkan RS TNI AD di Surabaya dalam pelaksaana uji klinis Anti Covid-19 tersebut.

Baca: Menkes Terawan Tepis Rumor Rumah Sakit Jadikan Covid-19 Lahan Bisnis

Menurut Andika, apabila uji klinis anti Covid-19 berhasil maka akan membantu penanggulangan pandemi Corona di Indonesia.

"Terapi plasma konvalesen sudah sangat bagus apalagi jika obat anti Covid-19 ini ditemukan dengan cepat, pasti akan menjadi harapan baru dan solusi bagi kita semua,” kata Andika.

Baca: Olahraga Publik Miliki Risiko Penularan Covid-19 yang Tinggi

BERITA TERKAIT

Sementara itu, terkait dengan pembangunan Laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) di 15 RS TNI Kodam, Andika minta agar proses pembangunannya dipercepat.

Karena, meski bangunan fisik laboratorium tersebut sudah 100 persen, namun masih ada hambatan instalasi peralatan medis diantaranya hepafnlter dan instalasi ruangan bertekanan negatif.

"Aslog, segera hubungi mitra dan minta tambahan tim untuk sub kontraktor, tidak bisa hanya 1 tim karena harus simultan dan cepat," pungkasnya.

Sementara, terkait penanganan Covid-19 di Secapa AD, berdasarkan hasil laboratorium PCR Swab ke dua pada Sabtu, (18/7/2020), terdapat 100 pasien yang dinyatakan negatif.

Sehingga total dari 1308 pasien positif Covid-19 di Secapa AD, sudah 459 orang yang dinyatakan negatif, dan tinggal 849 yang masih positif.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas