Tribun

Provinsi Riau Segera Miliki Desain Restorasi Ekosistem Mangrove

Kebutuhan akan adanya strategi pengelolaan ekosistem pesisir secara terpadu dan berkelanjutan di Provinsi Riau sudah sangat mendesak

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Provinsi Riau Segera Miliki Desain Restorasi Ekosistem Mangrove
Dok. Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN)
Mangrove di Bengkalis, foto dokumentasi Dhika Rino Pratama - (YKAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM - Provinsi Riau segera memiliki desain restorasi ekosistem mangrove bagi kawasan pesisir.

Gubernur Riau, Syamsuar menyampaikan kebutuhan akan adanya strategi pengelolaan ekosistem pesisir secara terpadu dan berkelanjutan di Provinsi Riau sudah sangat mendesak.

Baca: Kasus Penyulingan Minyak Ilegal di Dumai, Polda Riau Dalami Peran Korporasi

Oleh karena itu, ia menyambut baik diselenggarakannya lokakarya untuk membangun sinergitas perencanaan pengelolaan pesisir terpadu di Riau.

“Khususnya ekosistem mangrove, sudah sangat mendesak. Karena itu, kami menyambut baik diselenggarakannya lokakarya ini untuk membangun sinergitas perencanaan pengelolaan pesisir terpadu di Riau,” ujar Syamsuar dalam keterangannya, Kamis (23/7/2020).

Dalam hal ini Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN), dengan dukungan PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI), telah menyelesaikan kajian ekosistem mangrove sebagai dasar untuk menetapkan strategi dan metode restorasi ke depan.

Program MERA dikatakannya telah menyatukan para pihak yang tergabung dalam Tim Formatur MERA Riau dan menginisiasi pembentukan Tim Koordinasi Strategi Pengelolaan Ekosistem Mangrove Daerah Provinsi Riau.

Ia berterima kasih kepada semua pihak yang tergabung dalam program tersebut.

Pada bulan Juli ini, Syamsuar diketahui juga telah membentuk Tim Koordinasi Strategi Pengelolaan Ekosistem Mangrove Daerah Provinsi Riau.

Langkah tersebut dapat mendukung percepatan pengelolaan pesisir terpadu Riau melalui kerangka program MERA yang merupakan sebuah platform multi-pihak nasional untuk merestorasi ekosistem mangrove di Indonesia.

Wiki Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas