Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemendikbud Gelar Talent Scouting untuk Fasilitasi Dosen Raih PhD

Program ini diselenggarakan untuk peningkatan kompetensi dan kualifikasi dosen untuk melanjutkan studi tingkat Doktora

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Kemendikbud Gelar Talent Scouting untuk Fasilitasi Dosen Raih PhD
Tribunnews.com/ Fahdi Fahlevi
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Plt Dirjen Dikti) Kemendikbud Nizam di Kemendikbud, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020). 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan program Talent Scouting Road to PhD.

Program ini diselenggarakan untuk peningkatan kompetensi dan kualifikasi dosen untuk melanjutkan studi tingkat Doktoral.

“Bagi akademisi, rasanya memang belum puas jika belum menempuh S-3. Kegiatan Talent Scouting ini dapat memberikan gambaran dan peluang untuk mendapatkan beasiswa S-3 di luar negeri," ujar Dirjen Dikti Kemendikbud Nizam dalam telekonferensi, Senin (27/7/2020).

Baca: Pemerintah Segera Izinkan Pembelajaran Tatap Muka untuk Sekolah di Luar Zona Hijau

Nizam meyakini Indonesia memiliki talenta-talenta SDM dosen yang unggul di berbagai bidang, yang berpotensi menjadi penggerak perubahan.

Menurutnya para dosen tersebut akan memberikan manfaat lebih banyak bagi generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, dosen-dosen muda perlu diberikan kesempatan untuk melanjutkan studi tingkat Doktoral.

Menurutnya, dosen perlu mengasah kesiapan diri sebelum mencari beasiswa yang sesuai. Dengan demikian, mereka akan selalu siap kapanpun peluang beasiswa datang.

BERITA TERKAIT

"Selamat berusaha, selamat bekerja, dan selamat meraih cita-cita untuk meraih Ph.D," kata Nizam.

Baca: Sekolah SPK Tebar Kepedulian untuk Masyarakat yang Membutuhkan

Talent Scouting ini merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh Direktorat Sumber Daya. Tujuannya untuk meningkatkan kesiapan dosen untuk studi lanjut ke luar negeri, serta membangun jejaring.

Setiap pelaksanaan program Talent Scouting, lebih dari 1000 dosen yang turut berpartisipasi. Program Talent Scouting kali ini menggandeng para alumni penerima Beasiswa Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN).

Mitra-mitra dari Leiden University, Taiwan Education Center dan L’Oreal Indonesia juga dihadirkan untuk berbagi peluang pendanaan studi maupun penelitian yang ditawarkan institusi masing-masing.

Program Talent Scouting: Road to PhD menghadirkan sejumlah narasumber untuk berbagi pengalaman dan peluang beasiswa S-3 di luar negeri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas