Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Eksklusif Tribunnews

Arya Sinulingga dapat Restu Keluarga jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19

Bagi Arya, ditemukannya vaksin Covid-19 ini menjadi begitu penting demi kelangsungan hidup manusia.

Arya Sinulingga dapat Restu Keluarga jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19
TRIBUNNEWS.COM/LUCIUS GENIK
Arya Sinulingga 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- Sejak Senin (27/7) lalu, resmi dibuka pendaftaran peserta uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac. Ketua tim riset uji klinis vaksin Covid-19 Unpad Prof Kusnandi Rusmil mengatakan, dibutuhkan 1.620 relawan dalam proses uji klinis vaksin.

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bidang Komunikasi Arya Sinulingga menjadi salah satu relawan uji klinis tahap 3 vaksin Virus Corona (Covid-19) produksi Sinovac, China. Arya menjadi relawan uji klinis vaksin Covid-19 untuk kepentingan umat manusia.

Baca: Jadi Relawan Uji Vaksin Covid-19, Arya Sinulingga Jaga Diri Tak Terkena Virus Corona

Pandemi Covid-19 meluluhlantakkan kehidupan umat manusia. Bukan hanya di Indonesia, tapi juga di berbagai belahan dunia. Bagi Arya, ditemukannya vaksin Covid-19 ini menjadi begitu penting demi kelangsungan hidup manusia.

Tahap pertama uji klinis vaksin Covid-19 produksi Sinovac sudah selesai. Disimpulkan, vaksin aman untuk manusia. Tahapan kedua uji klinis vaksin tersebut juga sudah selesai, dan didapat hasil bahwa vaksin itu efektif menjadi Anti Corona.

Tahap tiga uji klinis vaksin ini dilakukan secara massal di beberapa negara. Arya menegaskan, menyambut kedatangan vaksin Covid-19, masyarakat di Tanah Air harus ada yang berani dan mau menjadi relawan, mencoba vaksin Covid-19 produksi Sinovac.

Baca: Google Tutup Aplikasi MP3 Player Mulai Oktober 2020

"Kalau ini berhasil maka kita bisa lepas dari Corona dan bangkit kembali," kata Arya kepada Tribun Network, Selasa (4/8).

"Dan ini juga menyangkut kemanusiaan semua, kalau tidak ada relawan uji klinis siapa nanti yang akan mencoba vaksin dan berani menghadapi masalah ini. Makanya bagi saya ini adalah menyangkut kemanusiaan," sambung Arya.

Uji klinis tahap 3 vaksin Covid-19 produksi Sinovac dilakukan Produsen Vaksin dan Antisera BUMN PT Bio Farma, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Universitas Padjadjaran (UNPAD). 2.400 vaksin buatan Sinovac telah tiba di PT Bio Farma pada 19 Juli 2020 untuk kepentingan uji klinis tahap 3 yang akan dilakukan Agustus ini.

Arya menceritakan, uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3 akan dijalaninya kalau bukan akhir pekan ini, akhir pekan depan. Besar harapannya agar uji klinis vaksin Covid-19 tahap 3 bisa berhasil. "Kalau nanti sudah lolos uji klinis tahap 3, maka akan diproduksi di Indonesia sekitar bulan Januari," tutur Arya.

Tidak Boleh Terkena Covid-19
Sebelum disuntik vaksin Covid-19 untuk kepentingan uji klinis, Arya diwajibkan fokus menjaga kesehatan. Salah satu persyaratan uji klinis vaksin Covid-19 yakni relawan harus dalam kondisi fit dan tidak boleh terinfeksi virus penyebab Covid-19."Jadi saya harus jaga kesehatan saya benar ini supaya jangan terkena Corona sebelum divaksin," ucap Arya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Rachmat Hidayat
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas