Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Hari Kemerdekan RI

Jelang HUT RI, Pemerintah Gelar Lomba Bikin Video Berhadiah Rp 1 Miliar, Begini Caranya

Peringatan HUT ke-75 RI tahun ini akan digelar berbeda dari tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19.

Jelang HUT RI, Pemerintah Gelar Lomba Bikin Video Berhadiah Rp 1 Miliar, Begini Caranya
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Topik penjual bendera merah putih asal Desa Ciburial, Kecamatan leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat sedang menata puluhan bendera yang di display di Jalan Ahmad Yani Semarang depan Hotel Simpang Lima, Senin (3/8/20). Desa Ciburial, Kecamatan Teleles, Kabupaten Garut, Jawa Barat adalah salah satu desa pembuat bendera merah putih terbesar di Indonesia. Untuk penjualan mereka distribusikan dari Aceh sampai Papua. Menurut Topik tradisi ini sudah di wariskan dari para orang tua mereka. Setiap menjelang tanggal 17 Agustus desa mereka sepi akan kaum laki-laki karena mayoritas mereka keluar daerah untuk berjualan bendera. Mereka baru akan kembali ke kampung mulai tanggal 16-10 Agustus. Pernak Pernik Kemerdekaan seperti bendera dijual dari 5 ribu sampai 50 ribu rupiah (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menggelar lomba membuat video dalam rangka menyambut hari kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Sekretaris Menteri Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani menyebut, lomba ini bisa diikuti masyarakat umum dengan cara membuat video berdurasi 3 menit.

Video yang dimaksud harus memiliki unsur 'Cinta Tanah Air'.

Dalam video juga harus terdapat bendera merah putih serta berdiri tegap sikap sempurna saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan serentak Pukul 10.17 WIB pada 17 Agustus mendatang.

"Dengan kondisi pandemi sekarang, tidak bisa berduyun duyun lomba secara offline, namun dengan rekaman video. Silakan buat video 3 menit," kata Adnyani dalam keterangan pers secara daring dari Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Baca: HUT RI, Bandara Soekarno-Hatta Bagi-bagi Masker Gratis hingga Beri Diskon Hotel Kapsul

"Jadi intinya, untuk merayakan HUT RI ini, bagaimana kita tunjukkan rasa cinta tanah air ini," sambungnya.

Adnyani menambahkan, konten video harus menjukkan bahwa seluruh prosesi dilakukan dengan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

Hadiahnya, uang tunai sebesar Rp 1 Miliar yang akan dibagikan ke 6 pemenang terpilih.

Selain itu ada juga hadiah hiburan lainnya.

"Hadiahnya, total nilainya Rp 1 miliar. Tapi nanti ada beberapa hadiah (lain), jadi kami ajak seluruh masyarakat di Indonesia mungkin akan sangat cocok dengan anak muda. Karena bentuknya kan rekaman video. Dan ada satu piala presiden yang diperebutkan," katanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Hasanudin Aco
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas