Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masih Pandemi Covid-19, HUT ke 75 Kemerdekaan RI Akan Catat Sejarah Baru, Serba Virtual

Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI kali ini akan mencetak sejarah baru, Penyelenggaraannya akan berbeda karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Masih Pandemi Covid-19, HUT ke 75 Kemerdekaan RI Akan Catat Sejarah Baru, Serba Virtual
Warta Kota/henry lopulalan
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) saat mengibarkan bendera Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-73 di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (17/8). HUT ke-73 RI mengambil tema Kerja Kita Prestasi Bangsa. (Warta Kota/Henry Lopulalan) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI kali ini akan mencetak sejarah baru, Penyelenggaraannya akan berbeda karena masih dalam suasana Pandemi Covid-19.

Sejumlah kegiatan peringatan di Istana dilakukan secara virtual untuk menghindari timbulnya kerumunan.

Apa saja yang berbeda pada Agustusan tahun ini? Berikut ulasannya.

Marching Band Putri Santa Ursula meramaikan acara Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Upacara yang dipimpin oleh Presiden Jokowi tersebut dihadiri oleh perwakilan negara sahabat, tamu undangan, dan masyarakat umum. THE JAKARTA POST/SETO WARDHANA
Marching Band Putri Santa Ursula meramaikan acara Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Upacara yang dipimpin oleh Presiden Jokowi tersebut dihadiri oleh perwakilan negara sahabat, tamu undangan, dan masyarakat umum. THE JAKARTA POST/SETO WARDHANA (THE JAKARTA POST/SETO WARDHANA)




Detik-detik Proklamasi Bakal Berbeda
Ya, akibat pandemi Covid-19, upacara peringatan HUT ke-75 RI akan digelar sangat berbeda.

Upacara peringatan detik-detik proklamasi di Istana Merdeka, Jakarta tak seperti biasanya.

Pasalnya, seperti diketahui, saat ini Indonesia masih dilanda pandemi Covid-19.

Meski banyak keterbatasan yang terjadi, hal tersebut diharapkan tidak menghilangkan suasana khidmat upacara peringatan detik-detik proklamasi.

Baca: Kumpulan Gambar dan Ucapan HUT ke-75 RI, 17 Agustus 2020, Cocok untuk Update di Medsos

Baca: Bertepatan dengan HUT ke 75 Tahun Kemerdekaan RI, Hari Ini BI Bakal Rilis Uang Baru

Warga memasuki halaman Istana Merdeka usai Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Upacara yang dipimpin oleh Presiden Jokowi tersebut dihadiri oleh perwakilan negara sahabat, tamu undangan, dan masyarakat umum. THE JAKARTA POST/SETO WARDHANA
Warga memasuki halaman Istana Merdeka usai Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Upacara yang dipimpin oleh Presiden Jokowi tersebut dihadiri oleh perwakilan negara sahabat, tamu undangan, dan masyarakat umum. THE JAKARTA POST/SETO WARDHANA (THE JAKARTA POST/SETO WARDHANA)
BERITA TERKAIT

Jumlah tamu undangan dibatasi

Biasanya, upacara peringatan HUT RI dilakukan di Istana Merdeka dengan mengundang banyak orang dari berbagai elemen masyarakat.

Namun, karena pandemi Covid-19 tidak memungkinkan banyak orang berkumpul, alhasil kali ini upacara hanya dihadiri oleh Presiden Joko Widodo beserta istri dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri.

Selain itu, yang hadir di Istana Merdeka untuk mengikuti upacara adalah para pejabat yang diberikan tugas membacakan teks proklamasi, pembukaan UUD 1945, dan Pancasila.

Kapolri Jenderal Idham Azis dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga dikabarkan akan turut hadir dalam upacara.

Baca: Rayakan HUT Kemerdekaan RI, Warga Tangerang Bentangkan 162 M Bendera Merah Putih di Gunung Kaler

Baca: Sosok Indrian Puspita Ramadhani, Anggota Paskibraka di Istana Negara Asal Aceh

Upacara peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia digelar di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Kota Semarang Jawa Tengah, Sabtu (17/8/2019). Dalam upacara tersebut, dilaksanakan pengibaran bendera merah putih, pembacaan dan detik-detik proklamasi, pembacaan Undang-Undang Dasar 45, amanat dari inspektur upacara dan doa. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Upacara peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia digelar di Lapangan Pancasila, Simpanglima, Kota Semarang Jawa Tengah, Sabtu (17/8/2019). Dalam upacara tersebut, dilaksanakan pengibaran bendera merah putih, pembacaan dan detik-detik proklamasi, pembacaan Undang-Undang Dasar 45, amanat dari inspektur upacara dan doa. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Anggota Paskibraka dibatasi

Selain jumlah tamu, anggota Paskibraka juga dibatasi, Moms.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas