Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Resmikan Patung Bung Karno di STIN, Puan Ingin Taruna Intelijen Terinspirasi Bung Karno

Dalam kesempatan itu, Puan hadir sekaligus mewakili keluarga besar Presiden Sukarno.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Resmikan Patung Bung Karno di STIN, Puan Ingin Taruna Intelijen Terinspirasi Bung Karno
Kresno/Man (dpr.go.id)
Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani. 

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Patung Bung Karno yang digelar bersamaan dengan Inaugurasi Peningkatan Statuta Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN), di Plaza STIN, Bogor, Rabu (9/9/2020).

Dalam kesempatan itu, Puan hadir sekaligus mewakili keluarga besar Presiden Sukarno.

Puan mengatakan sebagai bagian penting dari menanamkan rasa pengabdian kepada bangsa dan negara, maka sejarah Indonesia dan semangat para pendiri bangsa harus terus diingat.




"Saya mengajak para Taruna STIN dan segenap anggota BIN agar ketika melihat patung Bung Karno ini maka mengingat pengabdian beliau kepada Indonesia. Mengingat dan kemudian dengan segenap daya mengikuti jalan pengabdiannya bagi bangsa, negara, dan rakyat Indonesia," ujar Puan, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/9/2020).

Baca: Peringatan Haornas, Ketua DPR Minta Pemerintah Jamin Masa Depan Atlet

Puan menyampaikan bahwa Bung Karno pernah menulis kebahagiaannya adalah mengabdi kepada Tuhan, kepada Tanah Air, dan kepada bangsa.

Menurut Bung Karno, kata Puan, tanpa jiwa pengabdian itu maka beliau bukan apa-apa. Akan tetapi dengan jiwa pengabdian itu maka Bung Karno merasa hidupnya bahagia dan membawa manfaat.

"Itulah dedication of life Bung Karno," kata Puan.

BERITA TERKAIT

Peresmian patung Bung Karno di STIN dilakukan Puan bersama para tokoh lainnya, di antaranya Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Budi Gunawan dan Ketua MPR RI Bambang Soesatyo.

Adapun peresmian itu ditandai dengan hitung mundur dan penekanan tombol pembuka kain berwarna merah yang menutup patung dengan tinggi sekitar empat meter.

Adapun Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri menyaksikan secara virtual acara peresmian Patung Bung Karno di STIN, didampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, dan Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

Setelah itu, Puan menyampaikan terima kasih atas pemberian brevet dan penganugerahan Warga Kehormatan STIN yang diberikan kepadanya.

"Dan saya mengucapkan terima kasih kepada segenap personel BIN atas jasa-jasanya kepada Indonesia. Jasa-jasa yang mungkin tidak diketahui banyak orang, tapi berbahagialah karena jasa-saja saudara selama ini turut menjaga keutuhan NKRI, melindungi segenap bangsa Indonesia, dan seluruh tumpah darah Indonesia," tandasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas