Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menristek: Kehadiran Vaksin Bisa Kembalikan Ekonomi Indonesia ke Kondisi Normal

Menurut Bambang Brodjonegoro, kehadiran vaksin dapat menurukan angka kematian akibat Covid-19 dan memberi efek positif pada perekonomian Indonesia.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Menristek: Kehadiran Vaksin Bisa Kembalikan Ekonomi Indonesia ke Kondisi Normal
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri Riset dan Teknologi / Kepala Badan Riset Teknologi Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro bersama Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron memberikan keterangan kepada wartawan usai melakukan pertemuan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/6/2020). Pertemuan tersebut membahas mengenai hal terkait pendanaan penelitian riset teknologi inovasi guna mencegah terjadinya tindak pidana korupsi. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan terdapat sejumlah kondisi yang diharapkan dengan penemuan vaksin Covid-19.

Menurut Bambang, kehadiran vaksin dapat menurukan angka kematian akibat Covid-19.

"Harapan dengan adanya vaksin adalah kita mulai bisa menurunkan tingkat kematian dan menurunkan tingkat yang terinfeksi. Sekaligus mulai memperkuat sistem kesehatan masyarakat," ucap Bambang dalam webinar, Rabu (14/10/2020).

Selain berpengaruh terhadap kesehatan masyarakat, kehadiran vaksin juga dapat memberikan efek positif terhadap kondisi perekonomian Indonesia.

Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro saat wawancara khusus dengan Tribun Network di Kantor Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2020). Tribunnews/Jeprima
Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro saat wawancara khusus dengan Tribun Network di Kantor Kementerian Riset dan Teknologi Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2020). Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/Jeprima)

Bambang menilai kehadiran vaksin dapat mengembalikan kondisi ekonomi Indonesia yang terdampak akibat pandemi Covid-19 .

"Dan yang tidak kalah penting bagaimana mengembalikan ekonomi kepada posisinya yang normal, karena orang tidak takut lagi untuk melakukan interaksi," tutur Bambang.

Harapan lainnya, menurut Bambang adalah terciptanya herd imunity atau kekebalan kawanan dari Covid-19.

Baca juga: Janji Muhamad-Saraswati Bila Terpilih jadi Wali Kota Tangsel: Vaksin Covid-19 Gratis untuk Warga

Baca juga: Bank Dunia Setuju Kucurkan Dana Sebesar Rp 177,1 Triliun untuk Beli & Distribusikan Vaksin Covid-19

BERITA TERKAIT

"Dan yang paling penting tentunya harapannya setelah vaksinasi dilakukan secara massal maka herd imunity bisa tercapai dan populasi terlindungi," jelas Bambang.

Demi mencapai herd imunity, dibutuhkan vaksinasi yang dilakukan terhadap 70 persen penduduk Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas