Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Koperasi Mahasiswa Harus Bertransformasi Agar Mampu Bersaing di Era Digital

transformasi berorganisasi dan berbisnis bagi kaum milenial mahasiswa bertujuan untuk menciptakan ekosistem koperasi pemuda yang kekinian

Koperasi Mahasiswa Harus Bertransformasi Agar Mampu Bersaing di Era Digital
ist
Kementerian Koperasi dan UKM berkolaborasi dengan Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo) menggelar pelatihan perkoperasian bagi mahasiswa untuk seluruh Koperasi Mahasiswa (Kopma) di wilayah Jawa Barat, Lampung, Yogyakarta, DKI Jakarta, dan Banten 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tahun ini merupakan momentum bagi kaum milenial untuk melakukan transformasi cara membangun usaha dan cara berbisnis sesuai tuntutan era ekonomi digital akibat revolusi industri 4.0.

Sebab, era serba digital dewasa ini telah menggiring kaum milenial masuk ke peradaban baru, yaitu selalu ingin berpikir dan bertindak serba instan, cepat, dan mobile.

Baca juga: Hayono Isman: Klaster Koperasi-UMKM dalam UU Cipta Kerja Buka Peluang Kerja dan Berusaha

“Karena itu, mahasiswa harus bisa memanfaatkan Kopma yang ada di hampir semua kampus sebagai ruang untuk mengasah kemampuan berpikir dan berkarya secara kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi digital,” kata Pendi Yusup Muchtar, Ketua Umum Koperasi Pemuda Indonesia (Kopindo), Sabtu (18/10/2020).

Baca juga: Koperasi Syariah Dapat Menggerakan Ekonomi Rakyat

Menurut Pendi Yusup, transformasi berorganisasi dan berbisnis bagi kaum milenial mahasiswa bertujuan untuk menciptakan ekosistem koperasi pemuda yang kekinian sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap diri, lingkungan, bangsa dan negara.

Harus diakui, lanjut Pendi, di era informasi dan revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perubahan pesat dan disrupsi besar- besaran, banyak koperasi belum mampu bertransformasi dan berinovasi dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Ia berharap koperasi mahasiswa yang terus bertransformasi mengikuti perkembangan zaman menjadi energi perubahan bagi kemajuan koperasi Indonesia di masa datang.

“Munculnya bisnis-bisnis baru seperti startup yang serba digital kiranya mendorong Koperasi Mahasiswa untuk segera bertransformasi agar mampu bersaing di era digital ini," katanya.

Baca juga: Menteri Koperasi dan UKM: Manfaat UU Cipta Kerja, Sektor UMKM Dapat Sertifikasi Halal Gratis

Untuk bisa bersaing dalam era perubahan yang begitu cepat saat ini, ide dan gagasan kita harus selalu update. Inovasi harus terus didorong yang ditopang oleh skill mahasiswa koperasi yang mumpuni.

"Dengan begitu, generasi milenial bisa berperan signifikan bagi kemajuan ekonomi Bangsa Indonesia dan berkontribusi nyata dalam pemulihan ekonomi Nasional,” ujar Pendi Yusup yang juga duduk sebagai Ketua Komite Komunikasi dan Teknologi Informasi pada Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin).

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Sanusi
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas