Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pasien Covid-19 dengan Komorbid, Penyumbang Angka Kematian Terbanyak di Jatim, Jateng, dan Sulsel

Pasien positif Covid-19 dengan komorbid atau penyakit bawaan merupakan penyebab terbanyak kematian pasien Covid-19 di Jatim, Jateng, dan Sulsel.

Pasien Covid-19 dengan Komorbid, Penyumbang Angka Kematian Terbanyak di Jatim, Jateng, dan Sulsel
Tribunnews/Irwan Rismawan
Petugas penggali makam Covid-19 memakamkan korban Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Selasa (22/9/2020). Selain tenaga medis, penggali kubur makam Covid-19 menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasien konfirmasi positif Covid-19 dengan komorbid atau penyakit bawaan merupakan penyebab terbanyak kematian pasien Covid-19 di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Timur dr. Herlin Ferliana, M.Kes menjelaskan, berdasarkan analisa di Provinsi Jawa Timur sebanyak 95% pasien positif COVID-19 meninggal karena komorbid dengan penyakit bawaan seperti penyakit paru-paru dan jantung.

''Memang karena penyakit bawaan ada yang sakit paru-paru dan diabetes ini akan lebih sulit untuk recovery kondisi kesahatan. Ini mejadi perhatian khusus untuk mereka yang komorbid usahakan tidak sampai tertular,'' kata dr. Herlin saat konferensi pers secara virtual, Rabu (21/10/2020).

Baca juga: Terapkan 3M untuk Jaga Kelompok Lansia dan Komorbid dari Covid-19

Baca juga: Bupati Berau Meninggal Dunia Positif Corona, Punya Penyakit Komorbid, sang Istri Kini Masih Dirawat

Kemudian ia melanjutkan, penyebab lainnya adalah datang terlambat ke fasilitas kesehatan.

Sementara untuk pasien positif COVID-19 tanpa gejala bisa isolasi di rumah.

Pihaknya juga meminta warga untuk tidak keluar rumah jika tidak perlu, rajin cuci tangan pakai sabun, dan memakai masker.

Sampai saat ini, Pemprov Jawa Timur telah menyiapkan 127 rumah sakit, di mana lima RS yang disiapkan untuk pasien kondisi berat, yakni RSUD Dr. Soetomo, RSUD Dr. Saiful Anwar, RSAL dr. Ramelan, RS Unair, RSUD Madiun

''Insya Allah SDM kesehatan dan alat kesehatan aman di tiga bulan ini. Hal ini tidak jadi persoalan," ucap dr. Herlin.

Pengendara motor melintas di dekat dinding bermural di kawasan Ketabang Kali, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/10/2020). Mural di sepanjang dinding viaduk itu sebagai imbauan kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Surya/Ahmad Zaimul Haq
Pengendara motor melintas di dekat dinding bermural di kawasan Ketabang Kali, Kota Surabaya, Jawa Timur, Minggu (18/10/2020). Mural di sepanjang dinding viaduk itu sebagai imbauan kepada masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19. Surya/Ahmad Zaimul Haq (Surya/Ahmad Zaimul Haq)

Sama seperti di Jawa Timur, penyebab terbanyak kematian pasien Covid-19 di Sulawesi Selatan adalah juga penyakit bawaan.

Kepala Dinas Kesehatan Sulawesi Selatan dr. Muhammad Ichsan Mustari, MHM mengatakan kasus kematian di wilayahnya hampir 97% diakibatkan oleh komorbid.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Theresia Felisiani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas