Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

'Jurassic Park' Dibangun di Pulau Rinca, Truk Proyek Diadang Komodo

Salah satu kawasan yang akan mengalami perubahan desain secara signifikan adalah Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo

'Jurassic Park' Dibangun di Pulau Rinca, Truk Proyek Diadang Komodo
Instagram/gregoriusafioma
Foto seekor komodo yang menghadang sebuah truk, menjadi viral di media sosial. 

*KLHK Jamin Tak Satupun Komodo akan Mati

*TN Komodo Ditutup Selama Pembangunan 'Jurassic Park'

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saat ini tengah mengembangkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Super Prioritas Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur ( NTT).

Salah satu kawasan yang akan mengalami perubahan desain secara signifikan adalah Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo (TNK), di Kabupaten Manggarai Barat.

Pulau ini bakal disulap menjadi destinasi wisata premium dengan pendekatan konsep geopark atau wilayah terpadu yang mengedepankan perlindungan dan penggunaan warisan geologi dengan cara berkelanjutan. Konsep pengembangan geopark ini popular dinamakan "Jurassic Park".

”Jurassic Park” adalah proyek pembangunan pusat penelitian di Pulau Rinca yang digagas Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan pada 2019 lalu. Sayangnya, pembangunan ”Jurassic Park itu menimbulkan kekecewaan terhadap masyarakat.

Baca juga: Walhi Khawatir Pembangunan Jurassic Park Justru Buat Komodo Tersiksa, Ini Bantahan Pemprov NTT

Baru-baru ini warganet di media sosial dibuat sedih dengan penampakan komodo yang berpapasan dengan truk proyek.

Dalam foto yang diunggah oleh pemilik akun Instagram @gregoriusafioma itu, tampak seekor komodo tengah mengadang truk pembangunan “Jurassic Park” di Pulau Rinca. Sementara di atas truk dua orang pekerja proyek mengamati komodo yang hendak lewat tersebut.

Ini menjadi pemandangan langka di mana komodo harus berhadapan dengan truk proyek untuk pembangunan. Pemandangan ini membuat publik geram lantaran aktivitas pengembangan proyek geopark itu pun tidak cukup berjarak dengan satwa yang dilindungi di pulau tersebut.

”Ini benar-benar 'gila', tak pernah dibayangkan sebelumnya bisa terjadi. Truk masuk ke dalam kawasan konservasi yang dijaga ketat selama puluhan tahun dan telah secara sistematik meminggirkan masyarakat dari akses terhadap pembangunan yang layak demi konservasi,” tulis akun gregoriusafioma.

Baca juga: Foto Truk Berhadapan dengan Komodo Viral di Medsos, Tagar #SaveKomodo Trending di Twitter

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Hendra Gunawan
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas