Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Politikus PAN: Pilpres AS Harus Jadi Pelajaran bagi RI yang Kerap Dibayangi Narasi Lembaga Survei

Politikus PAN itu mengatakan, kemenangan Biden ini merupakan sebuah gambaran perihal proses demokrasi rakyat Amerika Serikat.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Politikus PAN: Pilpres AS Harus Jadi Pelajaran bagi RI yang Kerap Dibayangi Narasi Lembaga Survei
dok pribadi
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PAN Guspardi Gaus. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat yang dipastikan dimenangkan oleh Joe Biden-Kamala Harris patut menjadi pembelajaran bagi Indonesia dalam berdemokrasi.

Anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus mengatakan, Biden telah menunjukkan bahwa dirinya adalah sosok yang akomodatif di tengah aspirasi pemilih AS yang multietnis, agama, dan teritori (negara bagian).

Menurutnya, hal ini menjadi nilai demokratis yang patut dicatat. Apalagi, hampir 80 persen suara pemilih muslim Amerika Serikat mendukung Biden.

Baca juga: Membandingkan Respons China, RI, dan Australia atas Kemenangan Joe Biden di Pilpres AS

"Belum lagi suara imigran dan juga suara pemilih di kantong-kantong suara Trump sebagai petahana," kata Guspardi kepada wartawan, Senin (9/11/2020).

Politikus PAN itu mengatakan, kemenangan Biden ini merupakan sebuah gambaran perihal proses demokrasi rakyat Amerika Serikat.

Kemenangan Biden yang terjadi di basis dan kantong-kantong suara Trump, patut ditengarai bahwa Pilpres AS tak terganggu oleh penetrasi kekuasaan petahana.

Baca juga: Joe Biden Memenangkan Pilpres Amerika 2020, tapi Perhitungan Suara Masih Terus Berlanjut

BERITA REKOMENDASI

"Ini pelajaran berharga bagi kita semua, bagi pemilih, bagi politisi, dan juga bagi penyelenggara pemilu kita. Fakta bahwa pemilu di Indonesia masih kerap dibayang-bayangi oleh narasi lembaga survei dan quick count adalah hal yang perlu dibenahi," ucapnya.

"Pasca kemenangan Biden, ada kesadaran bersama di tanah air Indonesia untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas pelaksanaan demokrasi yang jujur dan adil," pungkas Guspardi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas