Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Politikus PKB : Habib Rizieq Shihab Seorang Politisi

Politikus PKB Abdul Kadir Karding menyebut Habib Rizieq Shihab (HRS) bukan sekadar ulama, tetapi juga merupakan seorang politisi.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Politikus PKB : Habib Rizieq Shihab Seorang Politisi
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Ribuan simpatisan yang hendak menyambut Habib Rizieq Shihab padati Simpang Gadog, Puncak Bogor, Jumat (13/11/2020). (TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus PKB Abdul Kadir Karding menyebut Habib Rizieq Shihab (HRS) bukan sekadar ulama, tetapi juga merupakan seorang politisi.

"Saya melihat Habib Rizieq Shihab adalah politisi, jadi kacamata saya tidak sepenuhnya beliau sebagai ulama, tetapi sebagai politisi yang bisa bergerak dengan isu apa saja, disektor apa saja," kata Karding dalam diskusi webinar, Jakarta, Minggu (15/11/2020).

Hal tersebut, kata Karding, dikuatkan dengan gerakan-gerakan HRS yang dilakukannya, mulai dari gerakan 212, Pilpres 2019 hingga sampai saat ini.

"Dia memiliki kemampuan dan kapasitas dalam konteks menjahit beberapa realitas, atau perasaan terpinggirkan dari berbagai kelompok-kelompok muslim yang ada di Indonesia," tutur Karding.

Baca juga: Keluarga Rizieq Shihab Klaim Sudah Bayar Denda Langgar Protokol Covid-19 Rp 50 Juta Saat Maulid Nabi

Baca juga: Resepsi Pernikahan Putri Habib Rizieq Shihab Digelar Terbatas, Jalan Menuju Lokasi Diblokade

"Mampu dikelola sedemikian rupa lewat media sosial, sehingga kekuatannya layak diperhitungkan. Lihat saja, waktu dia di Arab, dalam posisi terdesak masih mampu membangun wacana yang cukup dominan di dalam negeri," sambungnya.

Menurutnya, kekuatan HRS selama ini juga didukung dengan bergabungnya beberapa tokoh maupun ulama yang memiliki pengaruh besar di masyarakat, seperti halnya Ustad Abdul Somad.

BERITA TERKAIT

"Narasi yang dibangun Habib Rizieq di Jawa Tengah, itu tidak laku, ada tapi kecil. Tapi kalau di Aceh, Sumatera Barat lumayan berdampak, itu juga dibantu tokoh yang ada di sana," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas