Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kasus Covid-19 Capai Rekor Tertinggi, Libur Panjang Akhir Tahun Terancam Tak Ada? Ini Kata Satgas

Beberapa momen libur panjang terbukti meningkatan jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air. Akankah libur akhir tahun tak ada?

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Kasus Covid-19 Capai Rekor Tertinggi, Libur Panjang Akhir Tahun Terancam Tak Ada? Ini Kata Satgas
Warta Kota/Nur Ichsan
Kawasan wisata Ancol, Jakarta Utara, masih menjadi lokasi tujuan wisata favorit warga Ibu Kota yang datang untuk berekreasi mengisi liburan panjang, Sabtu (31/10/2020). Tercatat sebanyak 19 ribu pengunjung datang menikmati wisata pantai bersama keluarga di masa libur panjang ini. Warta Kota/Nur Ichsan #TribunNetwork #MataLokalMenjangkauIndonesia 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Beberapa momen libur panjang terbukti meningkatan jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air. Akankah libur akhir tahun tak ada?

Untuk itu, mendekati libur panjang akhir tahun 2020 ini, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 terus menganalisa perkembangan kasus positif untuk memberikan pertimbangan kepada pemerintah apakah memberikan libur panjang atau tidak.

Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo memaparkan, terjadi angka kenaikan kasus 2 hari terakhir ini di mana kasus mencapai 5ribu per hari.

Hal itu dijelaskan Doni dalam konferensi pers virtual, Minggu (15/11/2020).

Baca juga: DPR RI Kritisi Konsistensi Satgas Covid-19 Tangani Kerumunan, Nanti Ada yang Minta Dikirim Masker

Baca juga: Soroti Kerumunan di Acara Habib Rizieq, Sikap Diam Anies Baswedan dan Denda Rp50 Juta Disindir

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang dalam jumlah banyak, seperti yang terjadi di Petamburan, Jakarta Barat pada Sabtu (14/11) tidak pernah mendapatkan izin dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo mengatakan kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang dalam jumlah banyak, seperti yang terjadi di Petamburan, Jakarta Barat pada Sabtu (14/11) tidak pernah mendapatkan izin dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (ist)

"Memang betul angkanya relatif mengalami peningkatan dibandingkan beberapa minggu terakhir ini. Bahkan angka tiga hari yang lalu mencapai rekor tertinggi selama periode 8 bulan terakhir lebih dari 5.400 kasus," kata dia.

Sementara dengan melihat perbandingan perkembangan kasus saat libur panjang pada Agustus akhir dan September awal, saat ini angka untuk pasien yang dirawat ini masih dalam batas-batas yang terkendali.

BERITA TERKAIT

Doni berharap, angka kasus positif tidak bertambah dan Satgas Covid-19 masih mengikuti perkembangan sampai dengan 1 minggu yang akan datang.

Sejumlah wisatawan turun dari kapal usai menghabiskan masa libur di Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (1/11/2020). Masuk PSBB transisi liburan di Kawasan Kepulauan Seribu menjadi tempat berlibur bagi warga buat mengisi libur panjang. Lebih dari 1.500 orang berlibur di Kepulauan Seribu. Kapal kayu membawa inipun memperhatikan prokol kesehatan dengan mengijinkan hanya mengangkut 50 persen dari daya angkut kapal. (WARTAkOTA/Henry Lopulalan)
Sejumlah wisatawan turun dari kapal usai menghabiskan masa libur di Kali Adem, Muara Angke, Jakarta Utara, Minggu (1/11/2020). Masuk PSBB transisi liburan di Kawasan Kepulauan Seribu menjadi tempat berlibur bagi warga buat mengisi libur panjang. Lebih dari 1.500 orang berlibur di Kepulauan Seribu. Kapal kayu membawa inipun memperhatikan prokol kesehatan dengan mengijinkan hanya mengangkut 50 persen dari daya angkut kapal. (WARTAkOTA/Henry Lopulalan) (WARTAKOTA/Henry Lopulalan )

"Apakah dampak dari libur panjang ini signifikan terjadinya kasus positif atau karena memang sudah semakin baik masyarakat dalam menerapkan liburan kemarin liburan aman dan nyaman tanpa kerumunan," jelasnya.

Kepala BNPB ini menerangkan, jika kasus tidak mengalami peningkatan dan masih bisa mengendalikannya dengan baik, maka pada akhir tahun yang akan datang Satgas memberikan masukan pada pemerintah untuk menetapkan libur panjang.

Namun, bila terjadi sebaliknya ada peningkatan kasus satu minggu ke depan, maka Satgas memberikan masukan untuk memperpendek libur atau bahkan tidak ada libur panjang akhir tahun

"Kita tetap memberikan masukan kepada pemerintah untuk bisa melanjutkan libur panjang tetapi apabila kasus yang meningkat seperti pada periode Agustus dan September yang lalu. aka hasilnya adalah libur panjang diperpendek atau di adakan apa ditiadakan sama sekali," jelasnya..

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas