Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman: Saya Marah TNI Dijelek-jelekkan

Ya responnya baik saja. Silakan saja. Lanjutkan. Karena kan sudah sesuai prosedur, ada Satpol PP dulu, kemudian ada polisinya dulu, baru kita

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Rachmat Hidayat
zoom-in Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman: Saya Marah TNI Dijelek-jelekkan
TRIBUN/DANY PERMANA
Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman menjawab pertanyaan redaksi Tribunnews saat berkunjung ke Makodam Jaya, Jakarta, Senin (23/11/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-Nama Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman kini tidak hanya terkenal di wilayah DKI Jakarta. Ia mendadak terkenal di seluruh tanah air. Bahkan jadi pembicaraan di media sosial.

Instruksinya mencopot baliho Front Pembela Islam (FPI) dan Muhammad Rizieq Shihab, membuat Dudung makin terkenal se-nusantara. Langkah perwira tinggi TNI yang pernah menjabat Gubernur Akademi Militer ini kemudian diikuti oleh daerah lain seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan dan daeran lainnya.

Baca juga: Pangdam Jaya dapat Dukungan Sejumlah Artis, dari Pelawak Narji hingga Chika Jessica

Bahkan publik yang tadinya tak berani menolak kedatangan Habib Rizieq Shihab ke daerahnya, kini berani mengungkapkan penolakan. Kepulangan Rizieq dari Arab Saudi memang menambah hiruk-pikuk Ibu Kota. Kerumunan di Bandara Soekarno-Hatta, Petamburan, Tebet, Megamendung, dan yang terbaru soal pencopotan baliho. Instruksi pencopotan baliho itu datang dari Dudung.

Baca juga: Polda Metro Dua Kali Batal Gelar Perkara Kerumunan Acara Rizieq Shihab, Ada Apa ?

Langkah tersebut tentu saja menuai reaksi dari publik, bahkan polemik. Melihat karangan bunga yang mengelilingi markas Kodam Jaya di, Jalan Mayjen Sutoyo, Cililitan, Jakarta, Senin (23/11), menunjukkan banyak dukungan yang mengalir atas langkah yang diambil Pangdam Jaya.

Pangdam Jaya kelahiran Bandung ini berkenan menerima wartawan Tribun Network, yang dipimpin oleh Direktur Pemberitaan Tribun Network Febby Mahendra Putra. Selama lebih dari 30 menit, Dudung berbicara di balik kebijakannya mencopot baliho dan perkataannya soal,"Kalau perlu, FPI bubarkan saja!" Pernyataan tersebut membuat heboh pemberitaan nasional.

Berikut wawancara eksklusif Tribun Network bersama Mayjen TNI Dudung Abdurachman:

Ketika mengambil keputusan menurunkan baliho FPI dan Habib Rizieq Shihab, sempat berpikir atau tidak bahwa tindakan ini akan menjadi berita besar?
Tidak berpikir. Tapi kalau menurut saya memang ya seyogyanya begitu, kalau memang sudah tidak sesuai dengan aturan dan ketentuan, tidak taat kepada hukum perilakunya, menurut saya terlalu menghalalkan segala cara yang, ya seenaknyalah, ya itu salah satunya memasang baliho di tempat yang tidak benar.

Baca juga: Markas Kodam Jaya Dipenuhi Karangan Bunga, Golkar: Bentuk Dukungan Tindakan Tegas Pangdam Jaya

BERITA TERKAIT

Apalagi di dalam statementnya menjelek-jelekan orang, di dalam statementnya TNI itu kurang ajar, polisi itu begini, begitu, itu kan tidak bagus. Tentunya saya sendiri marah itu. Kasusnya ada anggota yang akan dikiranya menjemput Habib Rizieq di bandara. Ini saya jelaskan. Anggota itu mendapat perintah untuk pengamanan bandara Soekaeno Hatta. Tugas pokok dia itu.

Pada saat mengambil keputusan itu, Anda berkonsultasi dengan pihak lain atau tidak? Misal dengan Pak KSAD, Panglima, Kapolda, atau dengan siapapun?
Kodam Jaya ini Panglimanya saya, Pangdam Jaya. Tentu saya konsultasi dengan Pak Kapolda, kemudian konsultasi dengan Gubernur, karena ini kewilayahan. Tetapi apa pun yang saya lakukan tetap kita laporkan kepada pimpinan. Tetapi kalau setiap saat laporkan yang kecil-kecil, Panglima itu kan pekerjaannya banyak kalau hanya sekedar menurunkan baliho masa laporan juga, gitu loh.

Kelompok FPI sering mengaitkan, bahwa tindakan Pangdam Jaya merupakan perintah dari Presiden Jokowi?
Oh tidak ada. Saya yang bertanggungjawab langsung di Jakarta.
Tidak benar?
Tidak ada. Sama sekali tidak ada.

Setelah tindakan ini ada respon dari Panglima TNI?
Ya responnya baik saja. Silakan saja. Lanjutkan. Karena kan sudah sesuai prosedur, ada Satpol PP dulu, kemudian ada polisinya dulu, baru kita. Kita ada tugas OMP, Operasi Militer Perang, ada OSMP, Operasi Militer Selain Perang seperti penanggulangan bencana alam, membantu kepolisian di bidang keamanan dan ketertiban.

Membantu pemerintah daerah, kita sudah seperti itu, sering membantu Bulog, kita membantu pertanian, karya bakti, dan segala macam.

Ada komunikasi setelah itu dengan FPI dan HRS? Terkait keputusan Anda menertibkan baliho?
Tidak ada. Saya tidak pernah komunikasi, dan saya tidak pernah kenal.

Utusannya ada yang ke Kodam Jaya?
Tidak ada.

Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman (kanan) berbincang dengan News Director Tribun Network Febby Mahendra Putra (kiri) saat berkunjung ke Makodam Jaya, Jakarta, Senin (23/11/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA
Pangdam Jaya Mayor Jenderal TNI Dudung Abdurachman (kanan) berbincang dengan News Director Tribun Network Febby Mahendra Putra (kiri) saat berkunjung ke Makodam Jaya, Jakarta, Senin (23/11/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA (TRIBUN/DANY PERMANA)
Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas