Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menhub Tinjau Kapal Basarnas Berfasilitas Canggih untuk Antisipasi Dampak La Nina

Kapal Basarnas ini difasilitasi ruang medis, multibeam echo sensor, ROV, dan satu unit Helipad untuk pendaratan Helikopter Medium Intermediate.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Menhub Tinjau Kapal Basarnas Berfasilitas Canggih untuk Antisipasi Dampak La Nina
HandOut/Istimewa
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengecek seluruh bagian kapal KN SAR Wisnu 103 di dermaga Ex Inggom, Tanjung Priok pada hari Jumat (27/11/20). Kapal KN SAR Wisnu 103 berfungsi memperlancar dan menambah jangkauan operasi SAR. 

Dennis Destryawan/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kapal KN SAR Wisnu 103 di dermaga Ex Inggom, Tanjung Priok pada hari Jumat (27/11/20).

Budi Karya Sumadi mengapresiasi kesiapsiagaan Badan SAR Nasional (Basarnas) dalam menghadapi cuaca ekstrem.

Armada Basarnas, kata Menhub, semakin kuat.

"Dan selalu berhasil dalam operasi-operasinya, oleh karena itu saya sangat apresiasi. Ini menjadi contoh bahwa kita siap untuk mengamankan seluruh kegiatan di Tanah Air," ujar Budi Karya.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Sabtu, 28 November 2020: Waspada Cuaca Ekstrem di 28 Wilayah

Budi Karya sekaligus mengecek seluruh bagian kapal KN SAR Wisnu 103 yang berfungsi memperlancar dan menambah jangkauan operasi SAR.

Kapal ini difasilitasi ruang medis, multibeam echo sensor, ROV, dan satu unit Helipad untuk pendaratan Helikopter Medium Intermediate.

BERITA REKOMENDASI

Budi Karya mengatakan, kesiapsiagaan fasilitas dan personil Basarnas sangat penting untuk menghadapi cuaca ekstrem di lautan DKI Jakarta.

"Saya sudah lihat semua peralatannya, semuanya sangat penting karena biasanya ada La Nina, ada musim hujan, dan angin yang ekstrim di akhir Desember sampai Febuari mendatang," tutur Budi Karya.

Baca juga: EKSKLUSIF TRIBUNNEWS: Saat Pingsan karena Covid-19, Budi Karya Pernah Mimpi Ikut Tes Jadi Pilot

Dalam sambutannya, Budi Karya juga berpesan dan memberikan motivasi kepada seluruh tim Basarnas agar tetap semangat dalam bertugas.

Terutama untuk bersinergi dan militan dalam penugasan untuk menjadi insan Basarnas yang handal untuk Indonesia Maju.

Dalam acara ini, Budi Karya didampingi oleh Ketua Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, Dirjen Perhubungan Laut R. Agus H. Purnomo, serta Dirut Pelindo II Arif Suhartono.

Di akhir kunjungannya, Budi Karya berpesan kepada Dirut Pelindo II bahwa pembangunan akan terus berlanjut di Pelabuhan Tanjung Priok meski ada pandemi.

"Tadi saya overview dengan Pak Arif dengan heli, meninjau daerah Tanjung Priok mana pembangunan yang belum selesai. Yang belum dibuat dermaganya, akan kita buat. Pembangunan di Tanjung Priok akan bersinergi dengan Patimban," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas