Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wamenlu RI Sampaikan Pentingnya Memperkuat Kerja Sama Mitigasi Covid-19 Indonesia - PBB

Mahendra Siregar mengungkapkan pentingnya memperkuat kerja sama untuk memitigasi pandemi Covid-19 melalui forum konsultasi Indonesia – PBB.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Dewi Agustina
zoom-in Wamenlu RI Sampaikan Pentingnya Memperkuat Kerja Sama Mitigasi Covid-19 Indonesia - PBB
Dok Kemlu RI
Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar dalam pertemuan Pleno ke-5 Indonesia-United Nations Consultative Forum (IUNCF) pada Jumat (27/11/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAKementerian Luar Negeri RI (Kemlu RI) menyelenggarakan Pertemuan Pleno ke-5 Indonesia-United Nations Consultative Forum (IUNCF) pada Jumat (27/11/2020).

Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Mahendra Siregar mengungkapkan pentingnya memperkuat kerja sama untuk memitigasi pandemi Covid-19 melalui forum konsultasi Indonesia – PBB.

"Pertemuan membahas upaya bersama Indonesia dan PBB dalam menanggulangi pandemi Covid-19 sekaligus membahas pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals)," kata Wamenlu dalam keterangannya.

Dalam pembukaan, Wamenlu RI, Mahendra Siregar menyampaikan dua pesan kunci untuk penguatan sinergi dan kerja sama strategis Indonesia-PBB melalui kerangka IUNCF.

Pertama, pentingnya penguatan forum konsultasi sebagai payung koordinasi inklusif, bersinergi, dan efektif antara Indonesia-PBB.

Baca juga: PBB: Pandemi Covid-19 Bisa Munculkan 130 Juta Penduduk Dunia Jadi Miskin Ekstrem

Kedua, Indonesia perlu melihat beberapa area yang dapat ditingkatkan dari transisi kerangka kerja sama United Nations Partnership for Development Framework 2016-2020 menuju United Nations Sustainable Development Cooperation Framework 2021-2025.

BERITA TERKAIT

"Kerja sama yang kuat antara Pemerintah RI dan United Nations Resident Coordinator (UNRC) sangat penting untuk memastikan pemulihan negara dari pandemi Covid-19 secara cepat dan juga pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan Sustainable Development Goals (SDGs)," ujar Mahendra Siregar.

Kedua pihak menyepakati bahwa kerja sama kuat antara Indonesia dan PBB sangat penting, dalam memastikan akses bantuan teknis, penelitian, serta ketersediaan vaksin yang dapat terjangkau,

Pertemuan konsultasi yang dipimpin Dirjen Multilateral Kemlu dan UNRC untuk Indonesia ini merupakan mekanisme kemitraan strategis yang digagas Indonesia dan badan PBB di Indonesia pada tahun 2013.

Tujuannya memperkuat kerja sama dan koordinasi kemitraan antara Indonesia dengan PBB.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas