Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Pilkada Serentak 2020

Satgas: 90,28 Persen TPS Pilkada Sediakan Fasilitas Cuci Tangan dan 77 Persen Lakukan Desinfeksi

Pemerintah telah memerintahkan Satgas Penanganan Covid-19 daerah untuk memantau langsung penerapan protokol kesehatan Pilkada

Satgas: 90,28 Persen TPS Pilkada Sediakan Fasilitas Cuci Tangan dan 77 Persen Lakukan Desinfeksi
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Petugas menggunakan atribut tenaga kesehatan di TPS 56, Mekarjaya, Kota Depok, Jawa Barat, Rabu (9/12/2020). Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebut mengusung tema Kesehatan yang bertujuan menarik warga untuk menggunakan hak pilih sekaligus mengingatkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Pemerintah telah memerintahkan Satgas Penanganan Covid-19 daerah untuk memantau langsung penerapan protokol kesehatan Pilkada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Anggota Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, mengatakan hingga Rabu petang terdapat 90,82 persen TPS yang menyediakan fasilitas cuci tangan.

"Di sini kita melihat apakah TPS menyediakan fasilitas cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir ini 90,82 persen sudah ada. Sisanya belum," kata Dewi di Pusdalops BNPB, Rabu, (9/12/2020).

Data tersebut berasal dari 6.211 TPS di 180 Kabupaten atau kota yang ada di 28 provinsi. Selain ketersediaan fasilitas cuci tangan, Satgas juga memantau pemeriksaan suhu tubuh saat masuk ke TPS. Hasilnya 90 pemeriksaan suhu tubuh berjalan atau diterapkan di TPS.

Baca juga: Pilkada Serentak, Satgas Penanganan Covid Tegur 128 Ribu Pemilih yang Langgar Protokol Kesehatan

"Kemudian petugas pengawas suhu tubuh sudah berjalan hampir 90 persen. Yakni, 89,44 persen di seluruh TPS yang dipantau petugas personel di lapangan," katanya.

Sementara itu dari seluruh TPS, 77,01 persen melakukan desinfeksi. Jumlah tersebut akan terus meningkat hingga proses rekapitulasi suara. Dewi menambahkan terdapat sekitar 91,32 persen TPS yang menyediakan sarung tangan plastik bagi pemilih, dan 91,97 persen TPS yang menyediakan sarung tangan medis untuk petugas KPPS.

"Kemudian dari ketersediaan tempat pembu

Baca juga: Putri Wapres Cawalkot Tangsel Minta Saksi Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

angan sampah di TPS mencapai 90,85 persen, ketersediaan ruang atau bilik khusus bagi pemilih bersuhu lebih dari 37,3 derajat Celcius sebesar 79,67 persen. 20,33 Persen belum tersedia ruang bilik khusus," katanya.

Terakhir dari seluruh TPS terdapat 95,22 persen  yang menerapkan penggunaan masker dan 92,87 persen yang menerapkan faceshield.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas