Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ketika Sandiaga Uno Lupa Menyebut Nama Istrinya Nur Asia Saat Acara Serah Terima Jabatan Menparekraf

Sandiaga Salahuddin Uno resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio, Rabu (23/12/2020).

Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Ketika Sandiaga Uno Lupa Menyebut Nama Istrinya Nur Asia Saat Acara Serah Terima Jabatan Menparekraf
Tribunnews/Irwan Rismawan
Pejabat baru Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno memberikan sambutan saat serah terima jabatan di Kantor Kemenparekraf di Jakarta, Rabu (23/12/2020). Sandiaga Uno resmi diangkat Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politikus Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno resmi menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama Kusubandio, Rabu (23/12/2020).

Sandi, sapaan akrab Sandiaga, ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bukan tanpa sebab.

Sandi diharapkan mampu mempersiapkan lima destinasi wisata super prioritas dalam waktu satu tahun.

"Arahan dari Bapak Presiden dan Wakil Presiden, saya ingin garisbawahi beberapa arahan. Pertama-tama kita harus cepat bergerak, saya dikasih waktu yang sangat singkat, satu tahun, untuk beliau bisa melihat kesiapan lima destinasi super prioritas," kata Sandi.

Lima destinasi wisata super prioritas ini bukan hanya merujuk pada bentuk infrastrukturnya, tapi juga harus disertai berbagai detail dan konten yang mempromosikan kebudayaan Indonesia.

Baca juga: Pengamat: Sandiaga Seharusnya Tolak Tawaran Kursi Menparekraf

"Pak Presiden itu sangat detail, dia bilang tari-tarian, the best of the best, kostumnya, seni dan budayanya, talentanya, SDMnya, pelayanannya, dan lain sebagainya. Itu yang dia sampaikan pertama," ujar suami Nur Asia itu.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menginstruksikan Sandi untuk mempersiapkan calendar of event.

BERITA TERKAIT

Calendar of event itu terdiri atas event berskala kecil yang digelar mingguan, event berskala medium yang digelar tiap bulan, dan event berskala internasional yang digelar tahunan.

"Dari event yang skalanya ini kecil mingguan, tapi memang harus ada. Beliau berpesan juga event bulanan, skala medium, skala regional dan yang wow, oh my God, yang world class, skala dunia, itu every year. Jadi itu semua perlu kolaborasi," kata Sandi.

Baca juga: Sandiaga Uno Jadi Menteri, Irma Chaniago Bahas Sikap Fadli Zon : Presiden Digebukin Terus

Selain itu, Wakil Presiden Maruf Amin juga mengingatkan Sandi agar menjalankan protokol Covid-19 secara ketat dan disiplin.

Di bawah kepemimpinan Sandi, Kemenparekraf diharapkan mampu mengingatkan sektor ekonomi kreatif sebagai penghela ekonomi dan pencipta lapangan kerja.

Tujuan utamanya agar lebih dari 30 juta para pelaku bisnis dan tenaga kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa diperbantukan.

"Beliau juga menitip pesan tentang pentingnya inovasi produk-produk seperti wisata halal, desa wisata, dan beberapa kegiatan yang menyentuh aspek ekonomi rakyat yang ada di akar rumput," ucap Sandi.

"Kita sudah tahu what we do, kita sudah dikasih tadi bukunya, rencana dan strategi ke depan, let's get to work, we don't have much time, dan kita butuh tiga hal, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi," ujar Sandi.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas