Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

5 Fase Proses Identifikasi Korban Sriwijaya Air SJ-182 yang Dilakukan RS Polri

5 fase yang akan dilakukan RS Polri dalam proses identifikasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in 5 Fase Proses Identifikasi Korban Sriwijaya Air SJ-182 yang Dilakukan RS Polri
Tribunnews/Jeprima
Foto udara dari pesawat CN 295 milik TNI AU saat melakukan proses pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di sekitar perairan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, Minggu (10/1/2021). Dari udara terlihat tim SAR gabungan mencari serpihan dan korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182 serta terlihat tumpahan minyak yang diduga bahan bakar Sriwijaya Air SJ 182. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rumah Sakit (RS) Polri Kramat Jati, Jakarta Timur, siap untuk melakukan proses identifikasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

Wakil Kepala RS Polri Kramat Jati Kombes Hariyanto memaparkan, ada 5 fase yang akan dilakukan RS Polri dalam proses identifikasi korban pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Fase pertama, tim mencari bagian tubuh atau body part di lokasi jatuhnya pesawat.

"Identifikasi ini ada 5 fase, fase pertama adalah fase TKP atau tempat kejadian perkara atau tempat di mana adanya jatuh pesawat itu. Rekan DVI fase satu sedang bersama tim lain, untuk mencari adanya body part ataupun sebagainya yang akan jadi bahan identifikasi kita di RS Polri," kata Hariyanto kepada wartawan di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Minggu (10/1/2021).

Baca juga: BREAKING NEWS: Lokasi Black Box Pesawat Sriwijaya SJ 182 Terpantau

Fase kedua, antemortem.

Haryanto mengatakan, fase ini tim kepolisian sudah membentuk tiga pos antemortem yakni di Bandara Supadio Pontianak, pos antemortem di Tanjung Priok yang akan dikirim langsung ke RS Polri.

"Fase antemortem, fase antemortem kita dirikan tiga tempat yang pertama di Tanjung Priok yang dikomandani Kabid Dokkes Polda Metro Jaya, dan Kabid Kesjas Brimob, kemudian antemortem yang ada di Bandara Supadio Pontianak yang dikomandani Kabid Dokkes Kalimantan Barat," ucapnya.

BERITA TERKAIT

"Jadi barang-barang atau data-data body part dan sebagainya, yang diterima oleh TKP dan antemortem yang ada di Tanjung Priok akan dikirim posko di RS Kramat Jati. Posko Kramat Jati meliputi fase dua, fase postmortem sudah kita siapkan di ahli forensik kita," lanjutnya.

Selanjutnya, fase ketiga, kata Hariyanto, fase postmortem di Posko Postmortem RS Bhayangkara Polri.

"Kami sudah siapkan ahli-ahli forensik kita," katanya.

Fase keempat adalah fase penggabungan data dari pos antemortem dengan postmortem.

Setelah itu, jika sudah selesai penggabungan baru data yang didapat dianalisis dan dievaluasi.

"Kemudian data yang diperiksa, yang didapatkan dari antemortem dan postmortem nanti akan disajikan setiap harinya, fase 4 atau rekonsiliasi. Fase terakhir briefing, setiap hari kita laksanakan analisa dan evaluasi," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, pesawat Sriwijaya SJ-182 route Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (09/1/2021) sore sekitar pukul 14.40 WIB.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas