Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Calon Kapolri Listyo Sigit: Kalau Ada Anggota Polri Terproses Korupsi Harus Diproses Tuntas

Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan seluruh personel Polri yang terlibat korupsi harus diproses secara tuntas secara hukum. 

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Calon Kapolri Listyo Sigit: Kalau Ada Anggota Polri Terproses Korupsi Harus Diproses Tuntas
Tribunnews/HO/Humas DPR RI
Calon Kapolri, Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo (kedua kiri) memberi hormat kepada Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis jelang fit and proper test atau uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Komisi III DPR RI, Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (20/1/2021). Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo dipilih Presiden Joko Widodo menjadi calon tunggal Kapolri untuk menggantikan Jenderal Pol Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun. Tribunnews/HO/Humas DPR RI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memastikan seluruh personel Polri yang terlibat korupsi harus diproses secara tuntas secara hukum. 

Demikian disampaikan Listyo saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI, Jakarta Selatan, Rabu (20/1/2021) hari ini.

Saat itu, Listyo disinggung terkati adanya dua jenderal yang terlibat korupsi dalam sengkarut pelarian Djoko Tjandra.

"Komitmen kami dalam penanganan korupsi anggota kami kalau ada yang terproses bisa kami buktikan itu harus proses tuntas. Karena itu bagian komitmen menjaga marwah polri. Itu sikap kami," kata Listyo.

Listyo menerangkan pihaknya juga tengah berusaha untuk memperbaiki internal Polri untuk mencegah adanya korupsi.

Caranya dengan meminimalisir interaksi antara petugas dengan masyarakat.

Baca juga: Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Bicara Soal Kasus Tewasnya 6 Laskar FPI oleh Personel Polri

"Kami akan memperbaiki budaya Polri sehingga tentunya hal-hal apa yang kami sampaikan bagaimana interaksi itu bisa dihindari itu tidak terlepas agar terjadinya potensi penyalahgunaan wewenang," ungkapnya.

BERITA TERKAIT

Lebih lanjut, Listyo menambahkan pihaknya juga secara bersamaan membenahi setiap jajaran personel Polri agar lebih berintegritas.

"Tentunya ini yang ditanamkan di setiap insan polri yang melaksanakan tugas. Terhadap potensi pelanggaran yang membuat kita terjerumus bagaimana itu dihindari. Oleh karena itu, sistem pengawasan yang kuat itu upaya penyelamatan anggota. Supaya anggota itu tidak terperosok dan tidak terjatuh," pungkasnya.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas