Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Hari Ini Listyo Sigit Jalani Fit and Proper Test Calon Kapolri, Kasus Nenek Minah Dipertanyakan

Sebelum fit and proper test itu, Listyo diharuskan membuat makalah sebagai bahan pertanyaan bagi para anggota dewan.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Hari Ini Listyo Sigit Jalani Fit and Proper Test Calon Kapolri, Kasus Nenek Minah Dipertanyakan
Tribunnews.com/Chaerul Umam
Didampingi Idham Azis, calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo tiba di Gedung Nusantara II DPR, Rabu (20/1/2021) sekira pukul 09.50 WIB 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan menjalani fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan) di hadapan Komisi III DPR RI, Rabu ini (20/1/2021).

Sebelum fit and proper test itu, Listyo diharuskan membuat makalah sebagai bahan pertanyaan bagi para anggota dewan.

Kemarin sore makalah yang dibuat Listyo diantarkan ke DPR. Sejumlah perwira tinggi Polri mengantarkan langsung makalah calon Kapolri itu.

Rombongan para jenderal itu dipimpin Kepala Kepolisian Daerah Aceh, Inspektur Jenderal Wahyu Widada.

Ikut pula dalam rombongan itu Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri Irjen Ferdi Sambo dan Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta

Wahyu merupakan teman seleting (seangkatan) Listyo di Akademi Kepolisian (Akpol) 1991. Dia adalah peraih Adhi Makayasa alias lulusan terbaik di angkatannya. Sementara Sambo adalah mantan anak buah Listyo di Bareksrim.

Sebelum dipromosikan menjadi jenderal bintang dua, Sambo merupakan Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Bareskrim Polri saat masih berpangkat Brigadir Jenderal.

BERITA TERKAIT

”Kegiatan kami hari ini adalah menyerahkan naskah fit and proper test yang besok akan dilaksanakan. Kami datang ke sini mewakili calon Kapolri," kata Wahyu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Selasa (19/1/2021).

Baca juga: H-1 Fit and Proper Test Calon Kapolri, Makalah Listyo Diantar Rombongan Kawan Seleting

Namun, Wahyu menolak menyampaikan judul, isi, dan jumlah halaman makalah Listyo. Menurutnya, hal tersebut akan disampaikan Listyo secara langsung saat uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri, hari ini, Rabu (20/1/2021).

Baca juga: Didampingi Idham Azis, Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Tiba di DPR 

"Besok mulai jam 10.00 WIB, kemudian akan diberikan waktu kepada beliau untuk memberikan paparan, kemudian ada penyampaian-penyampaian dari para anggota DPR RI," kata Wahyu.

Dihubungi terpisah, Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono mengatakan makalah calon Kapolri itu digarap Listyo bersama dengan tim yang dikepalai oleh jenderal berbintang dua. "Tadi pukul 15.00 WIB, materinya sudah diserahkan ke Komisi III DPR, oleh Ketua Tim Naskah Irjen Pol Wahyu Widada (Kapolda Aceh) didampingi Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo," kata Argo dalam keterangan resmi, Selasa (19/1/2021).

Menurut Argo, secara umum naskah makalah calon Kapolri itu berisi kebijakan atau program kerja ke depan. "Intinya program kerja Kapolri ke depan. Besok kita dengarkan dan simak bersama saat fit and proper test di DPR," ujar dia.

Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani, mengatakan, makalah yang dibuat Listyo berjudul 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi'. Kata 'presisi' yang digunakan Listyo dalam judul makalahnya tersebut merupakan akronim dari prediktif, responsibilitas, transparasi berkeadilan.

Meski sudah tahu tema makalah tersebut, namun Arsul mengaku belum mengetahui isi makalah tersebut.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas