Tribun

Pesawat Sriwijaya Air Jatuh

Hari Ke-12 Operasi SAR Gabungan Sriwijaya Air : Tak Ada Tubuh Korban yang Dibawa Ke Posko JICT II

Hari ini Tim SAR Gabungan hanya membawa satu kantong berisi serpihan kecil pesawat dari lokasi pencarian

Penulis: Gita Irawan
Editor: Eko Sutriyanto
Hari Ke-12 Operasi SAR Gabungan Sriwijaya Air : Tak Ada Tubuh Korban yang Dibawa Ke Posko JICT II
Tribunnews/JEPRIMA
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi karya Sumadi didampingi Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito saat melihat serpihan dan sejumlah barang dari sisa pesawat Sriwijaya Air SJ 182 di Dermaga JICT, Tanjung Priok, Jakarta Utara Selasa (19/1/2021). Kunjungan tersebut untuk mengupdate perkembangan temuan dari jatuhnya pesawat Sriwijaya Air Sj 182 di hari ke 11. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pada hari kedua belas operasi SAR Gabungan jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182, Rabu (20/1/2021) sekira pukul 18.00 WIB, tidak ada bagian tubuh korban yang dibawa ke Posko JICT II Tanjung Priok Jakarta Utara. 

Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman mengatakan hari ini Tim SAR Gabungan hanya membawa satu kantong berisi serpihan kecil pesawat dari lokasi pencarian. 

"Untuk diketahui bersama bahwa hari ini kita mendapatkan satu kantong serpihan pesawat. Sementara body part tidak ada. Kemudian serpihan besar tidak ada," kata Rasman di Posko JICT II Tanjung Priok Jakarta Utara pada Rabu (20/1/2021).

Ketika ditanya wartawan apa yang menyebabkan hasil pencarian yang dibawa ke Posko JICT II pada hari kedua belas minim, Rasman mengatakan para personel SAR Gabungan yang mengetahui kondisi di bawah permukaan.

"Yang mengerti kondisi di bawah itu mereka (personel SAR Gabungan)," kata Rasman. 

Dengan demikian, kata Rasman, hingga kini tercatat total 324 kantong body part atau bagian tubuh korban, 64 kantong serpihan kecil pesawat, dan 55 bagian besar pesawat. 

Selain itu, kata Rasman, Tim SAR Gabungan juga telah menemukan satu unit Flight Data Recorder (FDR) dan satu casing Cockpit Voice Recorder (CVR).

Baca juga: Didampingi KSAL, Presiden Jokowi Tinjau Posko SAR Sriwijaya Air di JICT II

"Dengan demikian total temuan kita sampai hari kedua belas adalah bagian tubuh body part sebanyak 64 kantong dan potongan besar pesawat 55 bagian. FDR satu, casing CVR satu," kata Rasman. 

Berikut ini sejumlah bagian pesawat yang telah berhasil dievakuasi dan diserahkan Basarnas kepada KNKT.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas