Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Eksklusif Tribunnews

Sidarto Danusubroto dan Nasihat untuk Jokowi (1): Tak Percaya Ramalan Pelengseran Presiden Tahun Ini

Di tangan seorang yang jujur, di tangan orang yang dipercaya oleh dunia, insyaallah modal akan datang.

Sidarto Danusubroto dan Nasihat untuk Jokowi (1): Tak Percaya Ramalan Pelengseran Presiden Tahun Ini
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sidarto Danusubroto berpose usai wawancara khusus dengan Tribun Network di kediamannya di Jakarta, Jumat (22/1/2021). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

HAMPIR semua masukan yang kami berikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dilaksanakan.

Begitu pengakuan Sidarto Danusubroto (85), anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres), ketika ditanya bagaimana respon Jokowi terhadap rekomendasi dari Watimpres.

Lembaga yang diketuai Jenderal TNI (Purn) Wiranto tersebut sejak pandemic Covid-19, Maret 2020, tidak lagi menggelar pertemuan secara fisik dengan Presiden Jokowi melainkan melalui virtual.

"Waktu dulu, di periode pertama (Watimpres periode 2015-2019) saya rapat offline dengan Presiden secara teratur. Baik secara pribadi maupun dalam kelompok. Kami terakhir rapat offline dengan Presiden itu delapan bulan yang lalu," ujar Sidarto Danusubroto, dalam wawancara eksklusif dengan Tribun Network, di Jakarta, Jumat (22/1/2021).

Diungkapkan saat rapat fisik terakhir itu peserta pertemuan harus menjalani swab PCR, menjaga jarak, dan disemprot diinfektan.

"Setelah pandemi praktis rapat secara online. Seminggu dua kali kami webinar, melibatkan beberapa tokoh. Itu saja yang kami kerjakan," tambah mantan ajudan Presiden Ir Soekarno itu.

Berikut petikan wawancara dengan Sidarto Danusubroto di kediamannya yang asri di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Selama pandemi ini apa saja nasihat Watimpres kepada Presiden?

Kami selalu ada rapat pleno yang menghasilkan naskah pertimbangan. Secara periodi, suka atau tidak suka, kami sampaikan kepada Presiden. Namun isinya rahasia negara. Kami selalu memberikan suatu pendapat tentang perkembangan di tanah air.

Naskah pertimbangan kami plenokan dan hasil pleno diberikan dalam bentuk nastim (naskah pertimbangan). Kami kirim kepada Presiden.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Dewi Agustina
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas