Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei KedaiKOPI: KPK Dinilai Sebagai Institusi Paling Transparan di Indonesia  

KPK jadi lembaga dengan tingkat transparansi terbaik di Indonesia menurut hasil survei KedaiKOPI yang dirilis Senin (25/1/2021).

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Survei KedaiKOPI: KPK Dinilai Sebagai Institusi Paling Transparan di Indonesia  
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua KPK Firli Bahuri menyampaikan konferensi pers di gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/12/2019). Dalam kesempatan tersebut, Firli Bahuri mengenalkan dua Pelaksana harian (Plh) juru bicara KPK antara lain Ipi Maryati dalam bidang pencegahan dan Ali Fikri dalam bidang penindakan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadi lembaga dengan tingkat transparansi terbaik di Indonesia.

Hal itu terungkap dalam Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) bertajuk “Survei Kata Publik tentang Pemberantasan Korupsi,” yang dirilis Senin (25/1/2021).

“Kita tanyakan institusi mana yang memiliki transparansi paling baik, 19,7 persen responden menilai KPK sebagai institusi yang memiliki transparansi paling baik di Indonesia,” ujar Direktur Eksekutif Lembaga Survei KedaiKOPI, Kunto Adi Wibowo dalam rilis Survei secara virtual melalui aplikasi Zoom dan disiarkan langsung di Channel Youtube Survei KedaiKOPI, pada Senin (25/1/2021). 

Baca juga: Survei KedaiKOPI: KPK Berada Diposisi Ketiga Soal Dipercaya Publik




Survei Kedai Kopi digelar 34 provinsi dari 4 sampai 11 Januari 2021 menggunakan metode  interview face to face dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Survei dilakukan terhadap 2000 responden, dengan margin of error sekitar 2,19 persen, pada interval kepercayaan 95 persen.

Setelah KPK, berdasarkan survei tersebut, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menempati posisi kedua sebagai lembaga yang memiliki tranparansi paling baik di tanah air. Sebanyak 7,1 persen responden memilih TNI.

Kemudian disusul berturut-turut Pemerintah Daerah (5,3 persen), Kepolisian Republik Indonesia (2,4 persen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (1,5 persen), Badan Pengawas Keuangan/BPK (1,4 persen).

Baca juga: Survei KedaiKOPI: 81,3 Persen Responden Nilai OTT Bukti KPK Berhasil Cegah Korupsi

BERITA TERKAIT

Di bawahnya ada Majelis Permusyawaratan Rakyat/MPR dan Kepresidenan Republik Indonesia masing-masing 0,9 persen responden memilihnya.

Lanjut Bank (0,8 persen), Komisi Nasional Hak Asasi Manusia/.Komnas HAM (0,7 persen), Mahkamah Agung/MA (0,7 persen), Mahkamah Konstitusi/MK (0,6 persen), Pengadilan (0,5 persen dan lainnya sebanyak 5,9 persen.

Namun terdapat 51,6 persen responden menyatakan tidak tahu.

KPK di Bawah TNI dan Presiden Jokowi Soal Kepercayaan Publik

Survei ini juga menunjukkan tingkat kepercayaan publik kepada KPK berada di posisi ketiga, di bawah Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Survei KedaiKOPI mencatat peringkat pertama adalah TNI dengan angka rata-rata 7,04 persen dan tingkat kepercayaan publik 88,3 persen.

Kemudian disusul Presiden dengan rata-rata 6,98 persen dan tingkat kepercayaan publik 83,2 persen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas