Tribun

Banyak Musibah di Awal 2021, MUI Gelar Muhasabah Nasional yang Dihadiri Wapres Ma'ruf Amin

Muhasabah dan Istighatsah disiarkan langsung melalui fasilitas zoom meeting dan youtube channel di akun Official TV MUI sehingga bisa diakses dan

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Banyak Musibah di Awal 2021, MUI Gelar Muhasabah Nasional yang Dihadiri Wapres Ma'ruf Amin
Tribunnews
Muhammad Cholil Nafis 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengadakan acara Muhasabah dan Istighatsah untuk Negeri di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (28/1/2021) malam.

Kegiatan akan dihadiri sejumlah ulama dan pejabat negara serta disiarkan langsung dan bisa diikuti umat muslim melalui berbagai platform media sosial.

Muhasabah dan Istighatsah disiarkan langsung melalui fasilitas zoom meeting dan youtube channel di akun Official TV MUI sehingga bisa diakses dan diikuti masyarakat luar.

Istighatsah akan dipimpin  Pimpinan Majelis Rasulullah, Habib Nabil Al-Musawwa yang dirangkai dengan doa dari sejumlah ulama.

Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, KH M Cholil Nafis, menyampaikan musibah yang dialami umat manusia, khususnya bangsa Indonesia yang terus tanpa henti tidak bisa hanya dipahami sebagai ujian saja.

"Kejadian ini mungkin juga adzab karena umat telah berbuat maksiat kepada Allah SWT, kejadian itu juga bisa merupakan bagian dari hukum alam, karena mengikuti hukum kausalitas," ujarnya di Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Menurut Cholil, baik musibah, adzab atau fenomena alam semua berada dalam kekuasaan Allah. Oleh karena itu pihaknya mengajak kepada umat Islam untum berdoa mengetuk pintu langit.

"Kalau kejadian itu berkenaan dengan hukum alam ya Allah berikanlah kekuatan kepada alam ini agar bencana diangkat  Allah. Kalau ini berkaitan dengan dosa kami Ya Allah kita bertaubat kepadamu mengajak kepada seluruh anak bangsa dan seluruh dunia untuk kita bertaubat agar Allah memberikan keselamatan kepada kita semua. Kalau itu berupa ujian, kita memohon kepada Allah agar kita diberikan kekuatan, bertambah keimananan dan ketakwaan kita," tambahnya.

Baca juga: MUI: Ada 200an Ulama yang Meninggal karena Terpapar Covid-19

MUI sebagai organisasi dari perkumpulan ormas-ormas, ulama dan cedekiawan juga ingin memberikan contoh dan mengajak semua meningkatkan doa kepada Allah.

Ketua Komisi Dakwah MUI KH Ahmad Zubaidi, yang ditunjuk sebagai ketua panitia muhasabah dan istighatsah menambahkan, kegiatan ini akan diikuti Wakil Presiden RI yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI KH Ma'ruf Amin, Ketua Umum MUI KH Miftachul Achyar, dan segenap Dewan Pimpinan MUI, dan pimpinan MUI daerah yang tersambung secara virtual.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak umat Islam Indonesia untuk bermuhasabah atau berintrospeksi, berkaca diri dan serta memohon pertolongan kepada Allah SWT. 

Secara khusus kegiatan ini juga terkait dengan terjadinya musibah dan bencana alam di beberapa daerah di Indonesia dalam beberapa waktu yang berdekatan. Pada saat yang sama pandemi Covid-19 juga masih belum berakhir.

"Kita memohon  kepada  Allah SWT untuk agar dijauhkan dari segala bala bencana dan agar Allah menurunkan keberkahan-Nya kepada umat Islam Indonesia pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya sehinga Indonesia menjadi baldatun thoyyibatun wa robbun ghofuur," ujar Kiai Zubaidi.

  Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas