Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Demokrat : Syarat Minimal Lulusan Pendidikan Tinggi Baiknya Hanya Untuk Pemilu Nasional

Kualitas seseorang memang dapat dilihat dari strata pendidikannya, apalagi untuk figur calon presiden dan wakil presiden.

Demokrat : Syarat Minimal Lulusan Pendidikan Tinggi Baiknya Hanya Untuk Pemilu Nasional
Municipal World
Ilustrasi Pemilu

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fraksi Partai Demokrat menilai persyaratan minimal lulusan pendidikan tinggi untuk calon presiden hingga kepala daerah di dalam draf RUU Pemilu, harus dikaji secara matang.

"Usulan yang bagus, cuma Partai Demokrat akan terus mendalami setiap usulan. Ini kan baru draf RUU," ujar Wakil Sekretaris Fraksi Demokrat DPR Irwan saat dihubungi, Jakarta, Jumat (29/1/2021).

Menurutnya, kualitas seseorang memang dapat dilihat dari strata pendidikannya, apalagi untuk figur calon presiden dan wakil presiden.

Namun, kata Irwan, untuk Pemilu Legislatif (Pileg) harus dilihat secara seksama, apakah hanya berlaku pada tingkat nasional atau juga diterapkan hingga DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota.

Baca juga: Politisi PDIP Sebut Draf RUU Pemilu Tidak Akan Ubah Jadwal Pemilu 2024

"Di DPRD Kabupaten/Kota banyak anggota legislatif masih lulusan SMA/sederajat. Namun sebagai anggota DPRD dekat dengan masyarakat pemilihnya, ketokohannya teruji, berpengalaman, itu juga tentu bisa jadi pertimbangan," papar Irwan.

"Jadi, mungkin kalau mau diterapkan, ada baiknya di tingkat nasional saja dulu," sambung Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat itu.

Baca juga: Pemilu 2024, Legislator PKB Sarankan Pilpres Digelar Usai Pileg

Diketahui, Pasal 182 ayat (2) draf RUU Pemilu disebutkan syarat pendidikan minimal bagi orang yang akan maju dalam Pemilu adalah pendidikan tinggi atau sederajat.

Syarat itu berlaku bagi calon anggota DPRD, Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota, Gubernur dan Wakil Gubernur, DPR, hingga Presiden dan Wakil Presiden.

Berikut isi Pasal 182 ayat (2) dalam Draf RUU Pemilu :

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas