Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kasus Positif Tembus 1 Juta, Ketua PPNI : Kekhawatiran Kami Tenaga Kesehatan

PPNI mengharapkan vaksinasi menjadi satu upaya  pengendalian pandemi yang telah menembus angka 1 juta kasus di Indonesia.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Kasus Positif Tembus 1 Juta, Ketua PPNI : Kekhawatiran Kami Tenaga Kesehatan
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Dokter puskesmas menyiapkan vaksin Covid-19 produk Sinovac untuk disuntikan kepada tenaga kesehatan (nakes) di Puskesmas Pelindung Hewan, Jalan Pelindung Hewan, Kota Bandung, Jumat (29/1/2021). Vaksinasi Covid-19 kedua untuk tenaga kesehatan sudah mulai dilaksanakan secara bertahap, namun masih banyak tenaga kesehatan yang baru menjalani penyuntikan dosis pertama karena hambatan terkait database dan aplikasi. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Harif Fadhillah menuturkan, kasus harian positif Covid-19 yang terbilang tinggi membuat kekhawatiran bagi tenaga kesehatan.

Untuk itu, diharapkan vaksinasi menjadi satu upaya  pengendalian pandemi yang telah menembus angka 1 juta kasus di Indonesia.

Hal itu diungjap Harif dalam diskusi daring IDM Cooperatives "Menakar Efektivitas dan Efisiensi Vaksinasi Covid-19 di Indonesia" Sabtu (30/1/2021).

"Satu juta lebih penderita atau yang terkonfirmasi Covid-19 ini menunjukkan kekhawatiran juga kepada kami sebagai tenaga kesehatan. Kami harap ini segera diatasi, termasuk melalui vaksinasi," ungkap dia.

Baca juga: Ketua PPNI Optimistis Target Vaksinasi 1,4 Juta Tenaga Kesehatan Rampung Akhir Februari 2021

Baca juga: Peredaran Surat Bebas Covid-19 Palsu di NTB Terungkap, Dijual Seharga Rp 100.000 Per Lembar

Baca juga: Wapres Maruf: Hukum Vaksinasi Covid-19 Wajib Kifayah

Harif optimistis target pemerintah untuk melakukan vaksinasi pada 1,4 juta tenaga kesehatan rampung pada akhir Februari.

Ia mengungkapkan, hasil survei internal  menunjukan mayoritas perawat ingin divaksinasi Covid-19.

Survei internal PPNI dilakukan kepada 2.000 responden perawat di seluruh provinsi di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Hasilnya 82 persen perawat menyatakan siap disuntik vaksin  Covid-19.

"Kesediaan mendapatkan vaksin tahap pertama ada 82 persen, 7 persennya menolak dan 11 persennya tidak tahu," terang dia.

"Saya kira dari gambaran perawat dan juga tenaga kesehatan yang antusias menerima vaksinasi. Saya kira optimis, untuk bisa sampai akhir Februari tercapai 1,4 juta tenaga kesehatan yang divaksin," sambung Harif. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas