Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sengketa Pilkada

Sengketa Pilgub Kalsel: Dugaan Pidana Pemilihan di Kabupaten Tapin Diserahkan ke Sentra Gakkumdu

Erna menjelaskan pihaknya menemukan telah terjadi dugaan tindak pidana pemilihan di TPS 01 Kel Binuang dan di TPS 02 Kelurahan Binuang. 

Sengketa Pilgub Kalsel: Dugaan Pidana Pemilihan di Kabupaten Tapin Diserahkan ke Sentra Gakkumdu
Tribunnews.com
ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan Erna Kasypiah selalu pihak pemberi keterangan menjelaskan dalam pleno Bawaslu Kabupaten Tapin disimpulkan penanganan pelanggaran pemilihan diteruskan kepada Sentra Gakkumdu Kabupaten Tapin

Erna menjelaskan pihaknya menemukan telah terjadi dugaan tindak pidana pemilihan di TPS 01 Kel Binuang dan di TPS 02 Kelurahan Binuang. 

Dugaan tindak pidana tersebut yakni adanya pencoblosan surat suara pemilih yang telah meninggal. 

Hal tersebut disampaikan Erna dalam sidang sengketa Pilgub Kalimantan Selatan 2020 di Mahkamah Konsitusi (MK) pada Senin (1/2/2021).

"Bahwa atas dugaan pelanggaran pidana tentang pencoblosan surat suara orang meninggal dalam DPT sebagaimana dimaksud di atas Bawaslu Kab Tapin telah melakukan rekomendasi dugaan pelanggaran etik penyelanggara pemilihan kepada KPU Kab Tapin. Dan untuk dugaan pidananya juga diteruskan pada sentra Gakumdu," kata Erna di ruang sidang panel 2 MK.

Terkait dugaan tersebut, kata Erna, Bawaslu Tapin juga telah melakukan penanganan dugaan pelanggaran kode etik penyelanggara pemilihan pengawas pemilihan. 

Baca juga: Pilgub Kalsel: KPU Nilai MK Tidak Berhak Ambil Alih Kewenangan Bawaslu Periksa Pelanggaran Pemilu

Dalam hal ini, kata Erna, pihaknya telah melayangkan surat teguran tertulis kepada pengawas TPS karena terjadi dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara oleh pengawas TPS di TPS 01 Kelurahan Binuang.

Selain itu, kata Erna, pihaknta juga telah melayangkan surat teguran tertulis kepada pengawas TPS karena terjadi dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara oleh pengawas TPS di TPS 02 Kelurahan Binuang.

"Reg nomor 05 dan seterusnya terjadi dugaan pelanggaran kode etik penyelanggara pemilihan oleh pengawas TPS di TPS 02 Kel Binuang dengan memberikan surat teguran tertulis kepada pengawas TPS," kata Erna. 

Ikuti kami di
Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas